Sekko Buka Aksi Tiga Rembuk Stunting Jakarta Pusat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Aksi rembuk stunting. Foto: Kiki Staff Intern

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin membuka aksi tiga rembuk stunting, di Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/8).

Iqbal mengatakan rembuk stunting yang diinisiasi Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat ini dalam rangka upaya penurunan stunting yang ada di Jakarta Pusat.

“Aksi ini kita boleh melakukan suatu rembuk, urun pendapat, urun pikiran bersama semua UKPD untuk melakukan rembuk bersama setelah ada dua tahap kemarin yang sangat krusial dan penting,” katanya. 

"Aksi pertama mengidentifikasi seluruh permasalahan yang ada di Jakarta Pusat dan kedua mensinkronisasikan, mengklasterisasikan, juga membuat seluruh rangkaian tahapan dalam rangka penentuan langkah upaya penurunan stunting di Jakarta Pusat," jelasnya.

Iqbal menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat terus berupaya untuk melakukan pencegahan yang dapat memungkinkan adanya stunting.

"Kita akan melakukan suatu langkah upaya sedini mungkin bahkan pada saat ada warga Jakarta Pusat sebagai calon suami istri dalam rangka antisipasi lebih awal lagi untuk memberikan kepastian, karena tujuan pernikahan itu untuk melahirkan keturunan, jadi kita memastikan pasutri dalam keadaan sehat walafiat juga memiliki catatan medis yang baik, itu juga menjadi rekomendasi langkah-langkah penanganan kesehatan yang akan dilakukan di instansi maupun di layanan-layanan Jakarta Pusat," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasudinkes Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari yang mengungkapkan bahwa rembuk stunting ini dilakukan untuk menentukan langkah bersama penurunan stunting berdasarkan rancangan rencana strategis kegiatan UKPD di kecamatan dan kelurahan.

"Diharapkan dari kegiatan ini mampu menghasilkan kesepakatan atau komitmen dalam penurunan stunting di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat," ucapnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatangan komitmen aksi Konvergensi Intervensi Pencegahan dan Penurunan Stunting Wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat oleh Sekko Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Kasudinkes Jakarta Pusat Rismasari, Ketua TP PKK Jakarta Pusat Ucu Jamilah, Kepala Subanpekko Agus Sanyoto dan Seluruh perwakilan UKPD terkait.