Seni Budaya Berbasis Komunitas Digelar di Kantor Kelurahan Petamburan

Reporter: Annisa Qurrotul Aini | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M. Fahmi membuka pagelaran Seni Budaya Berbasis Komunitas. Foto: Andhira Magang

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M. Fahmi membuka pagelaran Seni Budaya Berbasis Komunitas DKI Jakarta yang diadakan di depan Kantor Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Sabtu (12/11).

Fahmi mengatakan, pagelaran seni ini merupakan kegiatan berbasis komunitas pertama yang digelar Komunitas Sikumbang Tenabang pasca-pandemi Covid-19 yang didukung penuh oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

"Pagelaran seni ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah daerah untuk warga Jakarta khususnya Petamburan yang didominasi orang Betawi," katanya saat ditemui di lokasi.

Fahmi menambahkan, kegiatan ini akan menjadi titik balik sebuah hibrida  budaya agar dapat berdampak dalam memperhalus rasa dan memperkaya budi.

“Harapannya semoga kegiatan ini menjadi sebuah titik balik awal hibrida budaya di kecamatan-kecamatan lain. Seperti halnya seni yang berdampak dalam memperhalus rasa dan memperkaya budi, ini yang ingin kita capai,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pagelaran seni budaya berbasis komunitas ini dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara mulai dari pertunjukan Ondel-ondel, Palang Pintu, Tarian Betawi, Musik Melayu, Musik Islami, santunan anak yatim, seniman Ondel-ondel, Maulid Nabi, Lenong Denes, Manusia Petasan, dan Seniman Kreatif Muda Tanah Abang.

Turut dihadiri, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, Lurah Petamburan Rian Hermanu, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M. Nurdin, Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Komisi E M. Hariadi anwar, Kasdim 0501 Jakarta Pusat Letkol Inf Okky Ristianto, dan tokoh masyarakat Tanah Abang.