SMKN 2 Jakarta Optimis Raih Gelar Sekolah Adiwiyata Tahun 2022

Reporter: Sultan Adiputra Staff Intern | Editor: Andreas Pamakayo

Siswa-siswi melakukan persentasi hasil tanan herbal. Foto: Maulana

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Jakarta Murni Astuti merasa optimis bisa berhasil mendapat predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022 mewakili wilayah Jakarta Pusat.

"Bukan tanpa alasan, pasalnya saat penilaian Adiwiyata Tingkat Kota ke Provinsi mendapatkan nilai 97. Insya Allah optimis, yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan ke depan semoga lebih baik, berinovasi lagi, banyak hal yang bisa dijadikan edukasi untuk anak-anak, bapak, ibu, guru dan karyawan serta keluarga SMKN 2 Jakarta,” ucapnya saat ditemui usai verifikasi Sekolah Adiwiyata yang berlangsung secara online, di aula sekolah setempat, Jalan Batu III, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (22/8).

Murni menambahkan, persiapan menjadi sekolah yang menjaga lingkungan telah dilakukan sejak menyandang predikat Sekolah Sehat di Tahun 2019.

“Persiapan dilakukan sudah lama karena SMK Negeri 2 Jakarta itu sebenarnya sudah menyandang predikat Sekolah Sehat di Tahun 2019. Ketika itu meraih Juara III Tingkat Provinsi, setelah itu memang kita laksanakan terus sebagai sekolah yang peduli lingkungan,” tambahnya.

Murni menuturkan bahwa selama persiapan, pihaknya telah bekerja sama dengan Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup, Sudin Pertamanan, Sudin Kesehatan, dan Sudin KPKP. Dia mengaku senang dan puas dengan presentasi yang dilakukan oleh murid-murid dan guru dihadapan para verifikator.

“Pokoknya yang penting kita sudah berusaha bagaimana sekolah ini menjadi sekolah yang berbudaya lingkungan. Yang penting kita berusaha, kita mengimplementasikan perkara untuk hasil yang pasti, tadi penilaian seperti UKS, bank sampah, kantin, taman toga, tanaman hidroponik, dan lainnya.” ujarnya.

“Kita yang namanya manusia punya harapan untuk nilai tertinggi. Mudah-mudahan sekolah kami mendapatkan nilai tertinggi pada penilaian Sekolah Adiwiyata Tahun 2022,” tandasnya.