TKK Jakarta Pusat Gelar Pelatihan Sablon Digital

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan sablon digital. Foto: Malik Maulana

Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Jakarta Pusat menggelar pelatihan sablon digital, di Jalan Percetakan Negara II RT 14/10, Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (20/9).

Office Manager TKK Jakarta Pusat Adilah Destiyanti mengatakan, pelatihan ini diadakan oleh PT Rhino Indonesia Sukses bertujuan untuk mengembangkan kreativitas masyarakat.

"Tools-nya adalah merchandise yaitu mark atau botol sport silver, peserta yang dihadiri itu baik dari umum maupun rusun Tanah Tinggi maupun Kawasan sekita Johar Baru," katanya.

Adilah menuturkan, dalam pelatihan ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama berlangsung  dari jam 09.30–12.00 WIB yang kedua dari jam 13.30–selesai.

"Diharapkan semoga menjadi ide peluang bisnis bagi masyarakat, bisa membantu buka usaha penyablonan," tuturnya.

Di tempat yang sama, Divisi Consumable dan 3D Sublimasi PT Rhino Indonesia Sukses, Fauzan Ahmad Zaelani mengungkapkan, dalam pelatihan kali ini para peserta diajarkan membuat custom merchandise menggunakan alat cetak.

"Kelebihan penggunaan alat-alat ini adalah efisiensi waktu, efisiensi tenaga dan cost-nya juga tidak akan mahal, serta bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah di dapatkan," ungkapnya.

Menurutnya, peluang bisnis sablon digital ini sangat bagus banget, karena untuk custom merchandise ini banyak yang cari khususnya untuk perbankan atau finance.

"Karena mereka butuh merchandise  untuk nasabah, relasi bisnis atau misalkan ada event seperti tahun baru atau natal, ini peluang usahanya besar banget," ucapnya.

Pelatihan ini pun disambut baik oleh para peserta pelatihan, seperti  diungkapkan salah satu peserta pelatihan yang berasal dari Kecamatan Kemayoran Pia, mengaku senang dengan adanya pelatihan sablon digital ini karena dapat menunjang bahkan meningkatkan usahanya.

"Materi yang disampaikan sangat menarik ya, karena kita diajarkan dengan cara yang sederhana sehingga mudah diterima oleh kami. saya kan punya usaha. Nah saya kepengennya kalo dengan belajar ini siapa tau kedepannya nanti kalo usaha saya maju, saya bisa bikin merchandise sendiri," ungkapnya.

"Sebenernya ini bagus banget untuk anak-anak muda ya, karena anak-anak muda ini senang sesuatu yang beda, yang unik. Dengan belajar di sini dia bisa membuat satu desain sendiri lewat bakatnya, sesuai selera mereka," tutupnya.