Wakil Wali Kota Buka Big Bang Jakarta 2022

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi (tengah) membuka Big Bang Jakarta 2022. Foto: Maulana

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi membuka Big Bang Jakarta 2022 edisi Ramadan, di Jalan Benyamin Sueb, JIExpo Kemayoran, Jumat (22/4) malam.

Irwandi mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada dasarnya mendukung kegiatan ini agar perekonomi masyarakat kembali bergerak. "Kemarin selama dua tahun ekonomi termasuk sangat drop akibat pandemi, tetapi saat ini perlahan mulai bangkit kembali," katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bertugas untuk mengawasi protokol kesehatan (prokes) Covid-19, setelah izin mengadakan Big Bang ini telah diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Untuk prokes tetap kita jalankan, kita imbau semua bisa mematuhi prokes baik para UKM, petugas, penonton, dan intinya Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dan Pemprov DKI selalu mengawasi dan mendukung untuk perkembangan ekonomi di Jakarta," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, ia juga meminta untuk kembali mengatur jadwal penonton musik di Big Bang Jakarta, bisa satu hari dua kali main agar tidak terjadi kerumunan.

Menurutnya, Big Bang Jakarta 2022 merupakan pameran pertama yang diselenggarakan di masa pandemi Covid-19 dan akan menjadi barometer penyelengaraan pameran musik. "Ini semacam uji coba, kita akan melakukan evaluasi setelah acara ini selesai, saran saya semua tetap pakai masker, jaga jarak dan prokes tetap dijalankan, kita masih ada Covid," tuturnya.

Usai membuka Big Bang Jakarta 2022, Irwandi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting dan Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Pusat M Yasin Pasaribu mencicipi makanan dan minuman yang dijual para pelaku UMKM.

Sementara itu, Direktur Operasional Big Bang Novry Hetharia menjelaskan, event yang berlangsung selama 17 hari mulai 22 April 2022 hingga 8 Mei 2022 ini dilakukan pembatasan-pembatasan mulai dari jumlah tenant dan jumlah pengunjung, demi menjaga keamanan serta kenyamanan pengunjung.

"Saat ini sekitar 200 tenant yang mengikuti event ini, kami sangat menjaga prokes, biasanya kalau akhir tahun 500 hingga 1000 tenant kini kita batasi," jelasnya.

"Sesuai arahan dari pemerintah pengunjung juga kami batasi, kami hanya menjual tiket online 10 hingga 15 ribu perhari," imbuhnya.

Menurutnya, Big Bang Jakarta 2022 ini sengaja diselenggarakan di bulan Ramadan hingga idulfitri untuk menemani warga Jakarta dan sekitarnya yang tidak pulang kampung.

Novry berharap dengan adanya event ini dapat membangkitkan ekonomi Bangsa Indonesia khususnya Jakarta agar kembali normal dan semua yang terlibat dalam event ini mendapatkan manfaat.

"Kami mendukung ekonomi kreatif, UMKM, dan juga para musisi yang sudah dua tahun ini tidak tampil, jadi kami berharap dengan adanya acara ini kita dapat bangkit bersama-sama untuk Indonesia," tegasnya.

Untuk diketahui, musisi ternama tanah air akan memeriahkan Big Bang Jakarta 2022 seperti, Tulus, Kahitna, Tipe-X, Pamungkas, Fourtwnty, Fiersa Besari, Kunto Aji, Denny Caknan, Ndarboy Genk, Maliq & D'essentials, Kerispatih, Hindia, Danilla, Jason Ranti, Feast, Juicy Luicy, Diskoria, Feel Koplo, Prince Husein, serta Enau.