Wali Kota Buka Tecnical Assistance Koalisi Masyarakat Anti Narkoba se-Kecamatan Menteng

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Technical Assistance Koalisi Masyarakat Anti Narkoba se-Kecamatan Menteng. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Technical Assistance Koalisi Masyarakat Anti Narkoba se-Kecamatan Menteng, di Aula Kecamatan Menteng, Jalan Pegangsaan Barat No.14, Kamis (3/11).

Dhany mengatakan, kegiatan ini merupakan penguatan dan peningkatan kapasitas koalisi masyarakat anti narkoba Kecamatan Menteng.

"Ini salah satu ikhtiar kita bagaimana membangun ketahanan warga masyarakat melalui kelembagaan yang dibentuk kerja sama antara Granat dengan CADCA (Community Anti-Drug Coalition of America), suatu lembaga koalisi anti narkoba yang berada di Amerika. Jadi mereka melakukan transformasi atau transfer ilmu kepada warga masyarakat yang tergabung dalam koalisi," katanya.

Dalam pelatihan ini, lanjutnya, diberikan ilmu dalam membangun komunitas  masyarakat anti narkoba di tiap-tiap kelurahan yang pendekatannya melalui sebuah pergerakan.

"Setelah dapat pelatihan ini, terapkan di lingkungan warga, masyarakat diikutkan gerakan untuk bersama peduli terhadap kasus narkoba yang isunya itu bukan hanya isu lokal dan regional. Tapi sudah ke internasional jadi tidak ada satu negara pun yang mungkin terbebas dari persoalan narkoba," terangnya.

Dhany menuturkan, dalam memerangi narkoba selain membangun gerakan koalisi ini Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui lembaga yang berbasis komunitas seperti RT/RW, LMK, membangun kebersamaan yang kemudian saling mengingatkan bahaya narkoba satu sama lain.

"Jauhi narkoba, narkoba dapat menghancurkan kita semua, baik diri sendiri, keluarga, maupun negara jadi karena berbahaya narkoba mulai dari saat ini. Mulai dari yang kecil kemudian dari sekeliling kita lakukan gerakan bersama untuk melakukan pencegahan atau menjauhi narkoba," tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekjen DPP Granat Hillman Mushaddiq Suaidy mengungkapkan, kegiatan ini untuk mengevaluasi ilmu-ilmu yang diberikan beberapa tahun ini kepada koalisi masyarakat anti narkoba se-Kecamatan Menteng.

"Sekarang dalam perjalanannya kita perlu lihat apakah ilmu yang disampaikan itu bisa didapat, diperoleh, dikuasai, dan apa hambatannya, ada assistance digelar agar yang masih kurang jelas bisa dilakukan. intinya CATCA ini teknisnya atau metodenya adalah membuat satu daerah bersih dari narkoba," ungkapnya.