Wali Kota Hadiri Kick Off UMKM Mitra Pajak Kecamatan Sawah Besar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri Kick Off UMKM. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri Kick Off Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mitra Pajak Kecamatan Sawah Besar, di Aula Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Sawah Besar 2, Jalan Gunung Sahari Raya, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar Kamis (18/8).

Dhany mengatakan, ini merupakan terobosan baru dan dirinya sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan KPP Pratama Jakarta Sawah Besar 2 dengan menggandeng UMKM.

"Kegiatan ini menggandeng UMKM Jakarta Pusat agar menjadi lebih kuat, karena merupakan tulang punggung bagi pengembangan perekonomian," katanya.

Menurut Dhany, ini merupakan kegiatan yang dapat memotivasi para pelaku UMKM agar terus berkembang dengan pendampingan dari jajaran KPP Pratama Sawah Besar 2. Yang diharapkan nantinya ketika para UMKM sukses akan kembali kepada potensi pajak penerimaan negara dan penerimaan daerah.

"Ketika sudah berhasil naik kelas otomatis akan ada pengadaan pajak secara adil dan merata. Jadi hari ini kolaborasi yang cukup bagus, perwujudan collaborative governance dengan melibatkan seluruh unsur baik pusat dan daerah yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Bersama fokus untuk pengembangan UMKM sekaligus peningkatan layanan pemerintahan yang ada di Jakarta Pusat," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala KPP Jakarta Sawah Besar 2 Sigit Danang Joyo mengungkapkan, acara ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan Program Business Development Services (BSD) yang berfokus pada pengembangan para pelaku UMKM dengan cara memberikan pendampingan dan pembinaan UMKM lewat kelas, sosialisasi, dan seminar.

Diharapkan, lanjutnya, kegiatan ini dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. "Program ini selain memberikan kontribusi pada pelaku UMKM juga diharapkan menciptakan paradigma baru terkait dengan institusi perpajakan. Paradigma masyarakat kepada Institusi perpajakan yang melulu mengedepankan pemenuhan kewajiban perpajakan diharapakan berubah menjadi paradigma baru sebagai institusi yang juga aktif hadir dalam menjawab tantangan bisnis dan para pelaku usaha di masyarakat," ungkapnya.

Untuk diketahui, pada acara yang dihadiri oleh 50 pelaku UMKM secara luring dan lebih dari 300 pelaku usaha UMKM yang hadir secara daring diisi dengan pemberian penghargaan kepada para UMKM yang telah menjalankan kewajiban perpajakannya secara patuh dan peluncurkan Aplikasi ELAN yang akan mempermudah para wajib pajak.