Wali Kota Hadiri Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta di RSUD Tarakan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat Untuk Jakarta di RSUD Tarakan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat Untuk Jakarta dan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). 

Pencanangan tersebut berlangsung di Rumah Sehat Untuk Jakarta RSUD Tarakan, Jalan Kyai Caringin, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Rabu (3/8).

Acara Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat Untuk Jakarta dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan diikuti serentak di lima wilayah kota dan satu Kabupaten Kepulauan Seribu secara hybrid.

Anies mengatakan, perjalanan dua tahun menghadapi pandemi menjadi perjalanan yang harus menjadi pengalaman dan mengambil hikmahnya dalam segala aspek salah satunya aspek kesehatan, di mana rumah sakit juga memerlukan transformasi.

"Jadi kita melakukan transformasi rumah sakit, kita ingin rumah sakit tidak mengurusi dua aspek kuratif dan rehabilitatif saja ke rumah sakit hanya sakit saja tetapi juga kita ingin juga mengurusi aspek promotif dan preventif. Karena itu, kita mengubah namanya menjadi Rumah Sehat Untuk Jakarta," katanya dalam konferensi video yang disiarkan langsung dari Rumah Sehat Untuk Jakarta RSUD Cengkareng.

"Kita ingin rumah ini untuk hidup sehat sehingga datang ke rumah sehat karena ingin sehat, bukan datang kerumah sehat untuk sembuh, karena syaratnya sembuh harus sakit dulu, orang sehat itulah yang menjadi tujuan kita," imbuhnya.

Baca Juga:

Wakil Wali Kota Resmikan Layanan TB RO dan Layanan Stroke Terpadu RSUD Tarakan

Pemprov dan Kejati DKI Jakarta Tambah Armada dalam Pengisian Tabung Oksigen di RSUD Tarakan

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat mengungkapkan penjenamaan ini mengandung makna semangat untuk selalu sehat.

Menurutnya Rumah Sehat Untuk Jakarta RSUD Tarakan merupakan kebanggaan Jakarta Pusat yang berkontribusi positif terhadap peningkatan derajat kesehatan warga Jakarta.

"Mudah-mudahan ini merupakan suatu ikhtiar yang positif untuk bisa kita kembangkan di lingkungan masyarakat. Harapan ke depan semoga rumah sehat ini bisa menjadi rujukan tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga skala global," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Rumah Sehat Untuk Jakarta RSUD Tarakan Dian Ekowati menjelaskan, tranformasi layanan juga telah dilakukannya seperti, pendaftaran online, hospitality atau keramahtamahan, dan layanan unggulan.

"Layanan unggulan di Rumah Sehat Untuk Jakarta RSUD Tarakan hari ini ada layanan ginjal terpadu sehingga pasien dengan penyakit ginjal bisa dirujuk kesini. Selain ginjal di tahun 2021 kami sudah ada pelayanan jantung terpadu, stroke terpadu, tuberculosis resisten obat, dan kanker," jelasnya.

Usai Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat Untuk Jakarta Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat didampingi Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat, Direktur Rumah Sehat Untuk Jakarta RSUD Tarakan, dan Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan kunjungan ke ruangan Layanan Ginjal Terpadu.

Hadir dalam Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat Untuk Jakarta ini Asisten Administrasi dan Kesejateraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi, Camat Gambir Andri Ferdian, dan Lurah Cideng Agus Aripianto.