Wali Kota Resmikan Unit Donor Darah PMI di Pecenongan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma (kiri) bersama Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi memotong pita peresmian UDD PMI Pecenongan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meresmikan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta yang berlokasi di Jalan Pecenongan Nomor 82, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (1/6).

Dalam kesempatan ini, Dhany mengajak warga Jakarta Pusat untuk mendonorkan darahnya baik di PMI Kramat Raya maupun di UDD PMI Pecenongan ini.

“Semangat kita ini semangat kemanusiaan, di luar sana begitu banyak warga masyarakat yang ketika terkena resiko sakit itu sangat membutuhkan darah, dan ini wujud kita sebagai bentuk semangat kemanusiaan,” ujarnya.

Dhany juga menekankan bahwa setetes darah sangat penting untuk orang lain dan demi kepentingan kemanusiaan sebagai ibadah sosial. "Yuk kita manfaatkan unit donor darah ini untuk sama-sama mendonorkan darah kita demi kepentingan kemanusiaan dan yang lebih penting semangat ibadah sosial kita," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, pendirian UDD ini untuk memudahkan warga Jakarta Pusat bisa mendapatkan stok darah atau mendonorkan darah ke PMI.

"Diharapkan nanti masyarakat yang membutuhkan atau mendonorkan darah tidak harus ke Jalan Kramat Raya tapi bisa di wilayah masing-masing contohnya, di Jakarta Pusat di Jalan Pecenongan," katanya.

Menurut Rustam, jajarannya terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk memenuhi permintaan stok darah dari masyarakat.

Dia menambahkan, jika sebelumnya satu UDD PMI biasa menampung 20 kantong stok darah perhari. Dengan adanya UDD yang baru ini, diharapkan kedepannya dapat lebih banyak stok darah di sana.

"Kita berharap dengan diperbaharui gedung ini, dilengkapi dengan peralatan, dan pegawai kita tambah, saya berharap paling tidak satu hari bisa 100 kantong dari Jakarta Pusat," ungkapnya.

Dalam kegiatan turut dihadiri, Ketua PMI Kota Administrasi Jakarta Pusat Soewardi Sulaiman, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat (Jakpus) M Fahmi, Camat Gambir Fauzi, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Haikal Shodri.