Wujudkan Ketahanan Pangan, TP-PKK Sebar 800 Tanaman Rosella di Wilayah Jakpus

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman serentak jenis tanaman di Rumah Pengolahan Sampah, RT 11. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) DKI Jakarta secara serentak menanam berbagai jenis tanaman unggulan di lima wilayah kota dan satu kabupaten.

Kegiatan ini dibuka secara hybrid oleh Ketua TP-PKK DKI Jakarta Fery Farhati yang berada di Gedung TP PKK Melati Jaya, Jalan Kebagusan Raya, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sementara, wilayah Jakarta Pusat mengikutinya di Rumah Pengolahan Sampah, RT 11/RW 06, Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Kecamatan Tanah Abang, Selasa (30/8).

Dalam kesempatan ini, Ketua TP-PKK DKI Jakarta Fery Farhati mengatakan, program ‘Aku Hatinya PKK’ ini merupakan gerakan menanam sejuta tanaman sehat bernilai ekonomi yang diikuti para kader PKK mulai dari tingkat kelurahan hingga kota secara offline dan online.

Kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi bersama Dinas KPKP, Dinas Kominfotik, Baznas Bazis, dan Dinas PPAPP DKI Jakarta.

"Kegiatan penanaman sejuta tanaman sehat bernilai ekonomi hari ini digelar serentak," ujar Fery.

Fery menuturkan, kegiatan ini juga digelar serentak tahun lalu dengan bercocok tanam sayuran. Tahun ini, kegiatan tersebut difokuskan pada penanaman tanaman produktif dan unggulan dari tiap wilayah.

"Dua kegiatan ini merupakan hikmah dari pandemi Covid-19. Kita bisa mengambil pelajaran dengan melakukan banyak hal terkait bercocok tanam," ucapnya.

Fery juga berharap, pemanfaatan pekarangan melalui pengembangan program Aku Hatinya PKK dapat menumbuhkan kesadaran keluarga untuk menggali potensi pangan di lingkungan sekitar. Sehingga bisa menjadi sumber pangan yang bergizi bagi keluarga, melestarikan lingkungan dan menjaga silaturahmi antar warga.

"Selain itu dengan bercocok tanam yang semakin banyak, maka Jakarta akan semakin hijau," tuturnya.

Sementara itu, Wakil III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Marsela Ginting mengatakan, sebanyak 800 pohon Rosella telah disebar di delapan kecamatan wilayah Jakarta Pusat.

“Puji syukur tanaman Rosella ini cocok ditanam di Jakarta Pusat, jadi mudah di-kembang-biakan. Tanaman yang biasa dibuat untuk teh, selai, dan juga minuman sirup ini bermanfaat untuk kesehatan, menurunkan kolesterol, hipertensi juga diabet. Sebayak 800 pohon Rosella telah ditanam,” katanya.

Sejalan dengan TP PKK Jakarta Pusat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Ferizan Bakwan Ferizan Ginting menyebutkan, kegiatan ini untuk membantu pemanfaatan lahan kosong yang ada di rumah warga.

"Saya berharap lahan kosong seperti halaman rumah dapat ditanam tanaman pangan, sehingga dapat menambah nilai ekomonis keluarga," harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini menampilkan beragam tanaman ikon setiap wilayah yang ada di Jakarta. Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah yang hadir langsung di Gedung Melati Jaya pun ikut menanam tanaman Rosella sebagai ikon Kota Administrasi Jakarta Pusat.