100 Peserta Ikuti Pelatihan Kuliner Internasional Angkatan Kedua

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan pembentukan tenaga kerja mandiri bidang kuliner internasional angkatan kedua tahun 2023. Foto: Maulana

Sebanyak 100 orang peserta mengikuti pelatihan pembentukan tenaga kerja mandiri bidang kuliner internasional angkatan kedua tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat, di RPTRA Serdang Baru dan RPTRA Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Senin (24/7).

Kepala Seksi Pelatihan Penempatan Produktivitas dan Transmigrasi (P3T) Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Helazurine Lindane mengatakan, pelatihan kuliner internasional ini akan berlangsung selama lima hari dan para peserta akan diajarkan membuat 10 menu makanan internasional yang berbeda setiap harinya.

"Jadi tidak monoton kulinernya, tidak hanya itu itu saja, kita membuat terobosan agar masyarakat bisa membuat kuliner internasional di antaranya, masakan Italia misalkan pasta, kemudian masakan Jepang, kemudian masakan Chinese dan sebagainya," katanya saat ditemui disela-sela pelatihan.

Menurutnya dengan pelatihan kuliner internasional ini diharapkan peserta nantinya dapat berniaga dan menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan berjualan makanan internasional yang sering dibuat di hotel, mal ataupun di resto. Namun dengan harga terjangkau. 

“Ini bisa menambah pilihan menu makanan atau kudapan di masyarakat dengan menu yang jarang dijajakan namun dengan harga terjangkau,” ucapnya.

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan ini dengan membuka wirausaha baru nanti diharapkan tingkat pengangguran akan berkurang," imbuhnya.

Nanti pasca pelatihan, lanjutnya, para peserta akan terus didampingi hingga menjadi wirausaha mandiri. "Setelah pelatihan ini kami berikan barang stimulan pendukung seperti, kompor gas, dan blender. Nanti akan kita dampingi sampai membuat perizinan pemasaran hingga permodalan kita dampingi terus, itu nanti Jakpreneur p1 sampai p7 targetnya," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Serdang Rizka Handayani menambahkan, dengan pelatihan ini diharapkan warga dapat mengikuti dengan baik cara mengaplikasikannya hingga mencapai sempurna agar dapat dijadikan bisnis kuliner. 

Alhamdulillah saya sangat senang melihat antusias masyarakat yang mendaftar pelatihan ini sangat banyak. Dan mengapresiasi mereka karena mau serius mengikuti pelatihan ini dan semoga ini bisa dijadikan peluang usaha bagi warga,” harapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat juga telah melakukan pelatihan pembentukan tenaga kerja mandiri bidang kuliner internasional Angkatan 1 Tahun 2023 di RPTRA Benda dan RPTRA Matahari, Kecamatan Cempaka Putih pada 10-14 Juli 2023 yang diikuti 100 peserta.