216 Siswa SMAN 4 Jakarta Ikut Satpol PP Goes to School

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Satpol PP Goes to School di SMA Negeri 4 Jakarta. Foto: Maulana

Satpol PP Goes to School kembali digelar, yang kali ini berlangsung di SMA Negeri 4 Jakarta, Jalan Batu III Nomor 3 RT 07/01, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Rabu (4/10).

Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat TP Purba mengatakan, Satpol PP Goes To School dilakukan rutin setiap bulannya di sekolahan yang berbeda untuk mengedukasi siswa tentang tugas pokok Satpol PP.

“Hari ini diawali dengan apel kemudian senam bersama para siswa SMAN 4 Jakarta. Total ada 216 siswa yang ikut giat ini. Ini bergantian ke sekolah-sekolah lain,” katanya, Rabu (4/10).

Purba menambahkan, dalam program ini Satpol PP Jakarta Pusat juga melakukan sosialisasi tentang Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum.

Menurutnya, sosialisasi ini penting dilakukan agar sinergitas antara Satpol PP dengan para siswa terus terjalin baik, sehingga para siswa dapat menjadi agen perubahan bagi sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar.

“Kalau mereka mengenal Satpol PP lebih dekat ini sangat bagus. Karena tugas kami tidak hanya melakukan penertiban tapi juga membantu masyarakat di jalan yang kesulitan seperti, membantu mengevakuasi orang sakit dan menyeberangi jalan,” tuturnya.

Purba berharap dengan adanya sosialisasi ini siswa dapat membantu petugas untuk melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang ada di lingkungannya.

“Kami berharap kami bukan seperti momok menakutkan bagi siswa tapi kami ini sahabat mereka yang menegakkan Perda. Lalu menumbuhkan pengetahuan siswa terkait ketertiban umum,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan olahraga bersama dalam sebuah pertandingan basket dan futsal dari tim kolaborasi antara Satpol PP dan siswa.