30 WPA Ikut Sosialisasi AIDS di Kantor Kecamatan Gambir

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi HIV/AIDS di Kantor Kecamatan Gambir. Foto: Faisal Bintang Magang

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI Jakarta menggelar sosialisasi HIV/AIDS kepada 30 Warga Peduli AIDS (WPA) dari lima wilayah dan kepulauan, di Aula Kantor Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (16/10). 

Kepala Bidang Promosi dan Pencegahan sekaligus Kepala Bidang Dukungan dan Layanan KPA DKI Jakarta Taufik Ali Fuad mengatakan, hari ini WPA mempresentasikan sosialisasi terkait HIV/AIDS sehingga KPA DKI Jakarta semakin tahu giat-giat WPA di wilayah. 

“Dari presentasi kegiatan mereka, kita jadi mengetahui setiap sosialisasi di masing-masing wilayah berbeda, kita ingin arahkan mereka bekerja langsung ke masyarakat,” katanya.

Menurut Taufik, pengarahan tersebut dikarenakan para WPA merupakan garda terdepan di masyarakat untuk mengedukasi dan mensosialisasikan apa itu HIV/AIDS, bagaimana pencegahannya dan apa yang dilakukan apabila ada warga yang berstatus ODHIV (Orang yang telah terinfeksi virus HIV). 

“Setiap kegiatan kelurahan maupun kecamatan WPA diminta aktif serta sekaligus menyelipkan kegiatan sosialisasi,” imbuhnya. 

Sementara itu, Salma salah satu anggota WPA Kecamatan Menteng mengaku selama sosialisasi pihaknya tidak mendapatkan kendala baik di tingkat sekolah, masyarakat, dan kelurahan. Meski demikian, di lapangan pihaknya masih melihat banyak yang kurang paham tentang HIV/AIDS. 

“Jadi selama ini saya bertekad  menerapkan untuk menghindari virus bukan orangnya, dan kalau perlu warga turut serta mendampingi dan merangkul untuk mendapatkan bimbingan dan pengobatan,” imbuhnya. 

Salma juga berharap dengan terlibatnya WPA di lingkungan masyarakat dapat terus menjadi garda terdepan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat terutama bagi ibu rumah tangga yang paling rentan. 

“Semoga dengan kehadiran kami ini dapat lebih menekan angka HIV/AIDS di Jakarta,” pungkasnya.