44 Panwaslu Tingkat Kelurahan se-Jakarta Pusat Resmi Dilantik

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pengukuhan panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kelurahan. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri pelantikan panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kelurahan, di salah satu hotel wilayah Kemayoran, Senin (6/2) pagi.

Dhany mengapresiasi jajaran Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Pusat karena sudah berhasil menyeleksi dan mengukuhkan panwaslu tingkat kelurahan.

"Saya mengucapkan selamat dan juga terima kasih kepada jajaran Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Pusat yang sudah bekerja keras, hingga mampu menseleksi sekaligus juga mengukuhkan panwas tingkat kelurahan," ucapnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, tugas sebagai panitia pengawas di tingkat kelurahan memiliki peran penting dan strategis dalam mewujudkan demokratisasi yang ada di Republik Indonesia.

Dhany mengatakan, panwaslu yang sudah resmi dilantik ini akan segera mengerjakan tugasnya. "Bapak-ibu akan bersentuhan langsung dengan persoalan-persoalan yang rumit, namun tidak perlu khawatir karena tugas bapak- ibu akan dibantu oleh masyakarat luas," imbuhnya.

"Jadi sering silaturahmi kemudian buka kanal-kanal aduan, akses yang seluas-luasnya kepada warga masyarakat untuk melaporkan apabila ditemukan ada pelanggaran-pelanggaran yang berada di lingkungan kelurahan. Semangat integritas dan bebaskan benturan dari kepentingan, Insya Allah bapak-ibu akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Jakarta Pusat M. Halman Muhdar menjelaskan, sebanyak 44 Panwaslu di lantik pada pagi hari ini.

"Sesuai jumlah kelurahan di Jakarta Pusat yaitu ada 44 kelurahan maka di tiap kelurahan ada satu orang pengawas jadi total ada 44 panwaslu", ucapnya.

Halman juga berharap panwaslu bisa bekerja dengan optimal, lebih produktif, lebih efisien, dan juga dapat membangun sinergi kolaborasi serta koordinasi dengan berbagai stakeholder terutama di jajaran pemerintah tingkat kelurahan.

Dari pantauan Tim Kominfotik Jakpus, lurah dan camat se-Jakarta Pusat serta Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Forum Komunikasi Pimpinan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Polres Jakpus, Kodim 0501/Jakarta Pusat, Kejari Jakarta Pusat, dan Panwaslu tingkat kecamatan turut hadir pada pelantikan ini.