50 Warga Kecamatan Menteng Ikuti Pembinaan Pengelolaan Lingkungan Bersih Menuju Adipura

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pembinaan Pengelolaan Lingkungan Bersih, Hijau, dan Sehat di Kecamatan Menteng. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pembinaan Pengelolaan Lingkungan Bersih, Hijau, dan Sehat dalam rangka persiapan pemantauan Adipura Tahun 2023, di Aula Kantor Kecamatan Menteng, Jalan Pegangsaan Barat Nomor 14, Selasa (3/10).

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Sudin LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Binsar Siregar mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 50 warga di Kecamatan Menteng, tujuannya untuk memberikan segala macam informasi terkait Piala Adipura.

“Pelaksanaan Adipura dilaksanakan di 14 kota yang ada Indonesia. Ada 20 komponen yang dinilai, tapi di Jakarta Pusat hanya 17 komponen sebab tiga komponen seperti bandara, pantai, dan pelabuhan tidak ada,” katanya.

Pada 2022 lalu, lanjutnya, Jakarta Pusat telah mendapatkan anugerah Piala Adipura sehingga, upaya mempertahankan status tersebut perlu dilakukan hingga dua tahun ke depan untuk mendapatkan Adipura Kencana.

“Hari ini kita menekankan ke masyarakat jangan berfikir piala saja tapi berfikir bagaimana menyelamatkan lingkungan saat ini dan menyelematkan generasi akan datang sehingga, pembinaan ini dapat berkelanjutan,” ucapnya

Sementara itu, Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Kecamatan Menteng Hendra Kurnia Arasit mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. Sebab dengan sosialisasi  masyarakat dapat terus menjaga dan mempertahankan kebersihan lingkungan.

“Ada beberapa titik taman yang harus ada proses pengomposan, kalau dibuat satu tong komunal kompos keindahan berkurang kita siasati memakai komposter, jadi tetep indah,” jelasnya.

Menurutnya dengan upaya secara terus menerus dalam menjaga lingkungan diharapkan target nilai untuk Adipura yang diperoleh di atas 75.

“Semoga ini menjadi salah satu menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih,” pungkasnya.