500.427 Pohon Lindung Telah Ditanam

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda menyatakan, selama program penataan kawasan di Oktober-Desember,  telah menanam 500.427 pohon lindung di delapan kecamatan. 

"500.427 pohon tersebut di antaranya mahoni, bougenville, tabebuya, trembesi, serta beringin," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (18/1).

Selain itu, lanjutnya, sebanyak 119 vertikal garden dan 1.755.448 tanaman hias dari hasil stek telah ditanam dalam program penataan kawasan, yang lokasi penanaman sesuai dengan permintaan pihak kelurahan dan kecamatan. 

Diameter Pohon

Di tahun 2023 ini, Sudin Tamhut Jakarta Pusat telah bersurat ke kelurahan dan kecamatan terkait arahan teknis soal jarak tanam, hal ini dilakukan mengingat terbatasnya lahan di wilayah Jakarta Pusat.

"Saya sudah bersurat ke lurah dan camat sebelum meminta pohon untuk terlebih dahulu memberitahukan luas serta jarak lahan yang akan ditanami, sebab rata-rata diameter pohon lindung kami itu besar yaitu 20-25 sentimeter," terangnya.

Untuk mensiasati ini, pihaknya tengah meminta Dinas Tamhut DKI Jakarta melalui kebun bibitnya memberikan pohon dengan diameter yang lebih kecil. "Khusus Jakarta Pusat, kami sudah minta untuk diameter yang kecil-kecil saja di kebun bibit," tandasnya.