Antisipasi Genangan, Pemkot Akan Buat Embung di Jalan Letjen Suprapto

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: dok Malik Maulana

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) pada tahun ini akan membuat embung di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih untuk mengantisipasi genangan akibat limpasan Kali Utan Kayu.

“Pembuatan embung ini untuk antisipasi genangan akibat curah hujan yang cukup tinggi, lebih dari 150 milimeter per hari, ditambah banjir rob yang menyebabkan debit air Kali Utan Kayu kerap meluap ke Jalan Jendral Ahmad Yani dan Jalan Letjen Suprapto," kata Dhany saat dikonfirmasi, Jumat (6/1).

Lahan embung tersebut, lanjutnya, memanfaatkan fasos fasum dari pihak swasta dan lahan milik Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

“Embung akan dibuat mulai dari samping Holland Village hingga depan Gedung Unit Industri Bahan dan Barang Teknik dan Unit Industri Kerajinan dan Tekstil. Selain membuat embung, kami juga melakukan pengerukan dan membuat parapet di Kali Utan Kayu," ungkap Dhany.

Nantinya, Dhany menambahkan, embung itu akan menangkap air kemudian dialirkan ke saluran yang mengarah ke Kolam Olakan Kemayoran, selanjutnya dialirkan ke Kali Item lalu ke Kali Sunter. Di Kali Sunter juga tengah dibangun pompa air oleh Kementerian PUPR RI.

"Saat embung sudah berfungsi, diharapkan genangan di Jalan Letjen Suprapto dan Ahmad Yani dapat teratasi," tandasnya.