Antusias Masyarakat Jakpus Sangat Tinggi Ikuti Daftar Mudik Gratis

Reporter: Maulana Yusuf | Editor: Iman

Antusias Masyarakat Jakpus Sangat Tinggi Ikuti Daftar Mudik Gratis. Foto: Maulana Yusuf

Masyarakat Jakarta Pusat sangat antusias mengikuti pendaftaran mudik gratis Tahun 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Tercatat hingga Selasa (28/3) kemarin sebanyak 2041 peserta telah terdaftar di data Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Pusat Wildan mengatakan, kuota yang disiapkan sebanyak 19.280 penumpang. Dengan tujuan 19 kota dan kabupaten di Pulau Jawa dan Sumatera sehingga peminatnya sangat banyak.

"Antusiasme masyarakat sangat bagus, hingga kemarin tercatat ada 2041 orang yang telah mendaftar disini (Kantor Sudinhub)," katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (29/3).

Wildan menuturkan, di setiap titik lokasi pendaftaran mudik gratis yang dibuka sejak Kamis (23/3) lalu animo masyarakat sangat tinggi hingga akhirnya dalam beberapa hari kuota sudah habis dan saat ini sedang dilakukan rekapitulasi data.

"Animo masyarakat sangat tinggi sehingga beberapa hari saja kuotanya sudah habis. Sedang dilakukan rekapitulasi data dan nantinya kalau setelah rekapitulasi masih ada kuota tersisa maka akan diberikan ke masyarakat yang telah bersedia dimasukan di dalan kuota cadangan," tuturnya.

Menurutnya, Sudinhub Jakarta Pusat tetap menyiapkan loket dan petugas yang akan menjelaskan kepada masyarakat perihal mudik gratis ini.

"Masyarakat yang datang sebisa mungkin kita layani jika kuota masih ada akan kita bantu, sementara ini tidak ada penambahan kuota karena sesuai dengan anggaran yang kita punya. Dishub DKI Jakarta,akan berangkat serentak 17 April dari Monas," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta pendaftar mudik gratis Dwi Rianto yang telah mendaftar melalui website mengaku senang dengan adanya mudik gratis ini dan berharap meskipun dirinya masuk dalam kuota cadangan akan ada kuota tersisa untuk dirinya bersama keluarga pulang ke kampung halaman melalui mudik gratis DKI Jakarta.

"Senang ada mudik gratis ini, tidak apa-apa jadi cadangan mudah-mudahan dapat kuota dan bisa berangkat mudik, kalau bisa tahun depan kuotanya diperbanyak lagi," harapnya.