Apel Kesiapsiagaan Musim Penghujan, Wali Kota Minta Siagakan Pompa Air

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi musim penghujan, di Rumah Ipal Waduk Melati, Jalan Teluk Betung, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (1/12).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, di musim penghujan ini kita perlu melakukan respon cepat agar wilayah-wilayah yang rentan genangan dapat segera teratasi.

"Dampak di musim penghujan ini perlu kita respon cepat dengan cara menyiapkan seluruh sektor, menyiapkan seluruh komponen, seluruh unsur untuk bisa mempersiapkan diri agar dapat memberikan bantuan kepada masyarakat," katanya.

Menurut Dhany, kekuatan Jakarta Pusat di dalam pengendalian musim penghujan berada pada pompa-pompa air. "Kekuatan Jakarta Pusat di dalam pengendalian dampak musim penghujan adalah pompa-pompa air, baik yang sifatnya stasioner maupun yang sifatnya mobile. Kita harus meyakinkan bahwa mesin-mesin pompa dapat berfungsi dengan baik, BBM-nya juga tersedia dan operatornya memiliki tingkat kedisiplinan serta komitmen untuk sama-sama meningkatkan kesiagaan," ungkapnya.

Dhany juga meminta kepada para petugas agar teliti dalam mengecek saluran air. "Untuk petugas-petugas lapangan saya minta untuk teliti dalam mengecek saluran air baik yang mikro, PHB maupun sungai-sungai, dan jangan sampai ada aliran-aliran yang tersumbat," ucapnya.

"Semua pasukan pelangi berjumlah kurang lebih 200 kita libatkan, seperti, dari Bina Marga, SDA, PPSU, Satpol PP, Lingkungan Hidup, Gulkarmat, Tamhut, serta PMI. Kita ingin bangun sebuah kolaborasi yang baik ketika terjadi resiko semua bergerak dalam kerangka penuh kesinergian dan kolaborasi," tegasnya.

Dari pantauan tim Kominfotik Jakpus, setelah pelaksanaan apel juga dilakukan simulasi penyelamatan warga yang hanyut oleh Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat.