Asekbang Hadiri Acara Indonesia Sustainable Procurement di JIExpo

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang meninjau acara Indonesia Sustainable Procurement Expo 2023. Foto: Malik Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting meninjau acara Indonesia Sustainable Procurement Expo 2023, serta Musyawarah Nasional Ikatan Fungsional Pengadaan Indonesia di JIExpo, Kemayoran Hall A, Rabu (15/3).

Acara ini mengusung tema “Pengadaan Berkelanjutan Melalui Transaksi E-Katalog dan Sinergi Produk Global dalam Rangka Penguatan Industri Produk Dalam Negeri dan Ramah Lingkungan” yang diselenggarakan di Jakarta pada Tanggal 15-16 Maret 2023.

Kegiatan ini bertujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan sesuai dengan hasil G20 dan B20 tahun 2022, AKEN didukung oleh LKPP, KADIN Indonesia, APEKSI, dan IFPI kembali mengadakan acara Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) di tahun 2023. Yang di mana acara ini akan menjadi sarana dan penghubung para pelaku usaha produk dalam negeri, global, UMKM, dan seluruh stakeholder e-katalog Nasional, lokal, serta sektoral.

Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan dengan konsep digitalisasi yang berkelanjutan AKEN (Asosiasi Katalog Elektronik Nasional) berusaha untuk turut mengembangkan potensi industri dalam negeri, sinergi produk global, dan usaha mikro, kecil, dan menengah untuk dapat bersaing dalam pasar nasional serta internasional.

“Jadi kita sudah meninjau dan melihat barang-barang yang sudah dimasukan ke dalam E-Katalog, dalam E-Katalog ini sebagai sarana dalam pengadaan barang tinggal klik saja, seperti contoh tadi saya melihat seragam PJLP, atau seragam PPSU, Kehutanan, dan lain sebagainya,” ujarnya didampingi, Kabag Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat Yassin Pasaribu. 

“Jadi ini dimaksudkan untuk membuat sistem yang lebih transparan di dalam pengadaan barang dan jasa, penyedia jadi tinggal mengklik saja di katalog, sejauh ini Pemkot Administrasi Jakarta Pusat sudah melakukan seperti ini,” tambahnya.

Asekbang pun berharap tentunya akan semakin beragam jenis barang-barang yang dimasukan ke dalam E-Katalog, jadi semakin banyak pilihan untuk transparansi dan tidak ada mark up harga karena sudah sesuai dengan harga di dalam katalog tersebut.