Asekbang Hadiri Peringatan Hari Air Sedunia di Kantor Gerakan Ciliwung Bersih

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Susur sungai Ciliwung dalam memperingati Hari Air Sedunia 2023. Foto: Andreas Pamakayo

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menghadiri peringatan Hari Air Sedunia 2023, di Kantor Gerakan Ciliwung Bersih (GCB), Jalan Penjernihan I, Karet Bivak, Kecamatan Tanah Abang, Minggu (19/3).

Hari Air Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Maret sebagai sarana untuk memusatkan atensi masyarakat akan pentingnya air bersih dan mengadvokasi pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, peringatan ini juga sebagai aksi nyata dengan adanya deklarasi Tanah Abang Peduli Lingkungan.

"Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mendukung kegiatan ini khususnya menjaga lingkungan di sekitar sungai yang melintasi wilayah Jakarta Pusat," katanya.

Menurutnya, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga telah berperan aktif untuk menjaga lingkungan seperti, kerja bakti gerebek lumpur yang dilakukan rutin setiap minggunya di tiap wilayah di kecamatan di Jakarta Pusat.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Ciliwung Bersih Peni Susanti menambahkan, peringatan Hari Air Sedunia ini mengangkat tema, "Mempercepat Perubahan untuk Mengatasi Krisis Air, dan Sanitasi.

"Peringatan hari air mempunyai tiga tujuan yaitu, meningkatkan kwalitas air yang lebih baik, kesadaran masyarakat untuk mengkonservasi, dan meningkatkan peran serta masyarakat akan lingkungan," jelasnya.

Menurutnya, saat ini kwalitas air Ciliwung sudah sangat bagus setelah 31 tahun GCB dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

"Alhamdulillah biota di Sungai Ciliwung juga sudah mulai tumbuh seperti lobster berang-berang, dan kura-kura sungai (kura kendawangan)," ucapnya.

"Hari ini juga kita melakukan edukasi kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga lingkungan hidup," imbuhnya.

Peringatan Hari Air Sedunia ini juga diisi dengan susur sungai, bersih-bersih sampah sungai, deklarasi Tanah Abang Peduli Lingkungan, bazar produk UMKM, melakukan panen sayur tanaman hidroponik, dan ziarah kubur makam Tokoh Tanah Abang.

Turut hadir, Kepala Bagian (Kabag) Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Pusat Martua Sitorus, Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda, dan Lurah Karet Tengsin Hari Ananda.