Asekbang Monitoring Penataan Kawasan di Tiga Lokasi Kecamatan Sawah Besar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Monitoring penataan kawasan di wilayah Kecamatan Sawah Besar. Foto: Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting melakukan peninjauan kawasan unggulan di wilayah Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (21/9).

Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, di Kecamatan Sawah ada tiga lokasi penataan yang ditinjau yaitu, RW 01 Kelurahan Pasar Baru, RW 05 Kelurahan Kartini, dan RW 01 Kelurahan Gunung Sahari Utara. 

Menurutnya, penataan ini merupakan kolaborasi pihak kelurahan bersama sudin terkait dan masyarakat dalam penataan kawasan triwulan ketiga.

"Penataan kawasan di wilayah Kecamatan Sawah Besar dan Jakarta Pusat cukup masif karena setiap kelurahan sudah tiga lokasi yang ditata di tahun 2023, yang penting berubah menjadi kawasan yang lebih baik," katanya.

Asekbang mencontohkan, di RW 01 Kelurahan Pasar Baru yang tadinya gubuk dan lainnya sekarang sudah berubah menjadi tempat yang rapi dan indah.

"Lokasi Di RW 01 Pasar Baru sudah berubah menjadi tempat interaksi warga, ada bank sampah juga, jadi penataan ini dimaksudkan adanya space untuk warga berinteraksi dan merawat lokasi penataan, ada yang menyiram, dan merawat taman, bermain serta bercengkrama," ucapnya.

Dia juga berharap penataan kawasan triwulan ke empat nanti konsep dan desainnya jauh lebih bagus lagi yaitu, penataan kawasan berbasis interaksi sosial.

"Jadi tidak hanya merubah tetapi ada juga interaksi di sana, syukur-syukur menjadi tempat edukasi para siswa, paling tidak harapan kita pada saatnya nanti menjadi tempat wisata dan juga semua RW di Jakarta Pusat tertata baik," tandasnya.