Aspem Buka Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan di Kecamatan Gambir

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Aspem membuka peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan tingkat kota, di Kecamatan Gambir. Foto: Malik Maulana

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany membuka peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan tingkat kota, di Aula Kantor Kecamatan Gambir, Kamis (5/10).

Kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Bagian Pemerintahan ini diikuti oleh pengurus RT, RW, LMK, FKDM, PKK, karang taruna, dan organisasi sosial kemasyarakatan di wilayah Kecamatan Gambir.

Denny mengatakan, peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan di Kecamatan Gambir membahas peran serta fungsi KPU dan Bawaslu yang terkait aturan dan pedoman masyarakat menjelang Pemilu 2024.

“Terkait dengan KPU dan Bawaslu ini kan tanpa sadar kita sudah masuk ke dalam tahun politik. Artinya banyak hal-hal yang perlu disosialisasikan ke masyarakat terkait dengan aturan yang bisa dipatuhi dan dipedomani oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Denny, pada kegiatan ini juga terdapat sosialisasi dari Jakarta Smart City (JSC) menjelaskan tentang aplikasi JAKI yang memiliki beragam fitur dan kemudahan akses berbagai layanan pemerintah di Jakarta.

“Di dalam konten JAKI banyak hal-hal yang bisa membantu masyarakat. Selama ini masyarakat taunya itu hanya untuk membantu pelaporan. Padahal jika membutuhkan atau memerlukan sesuatu apapun sudah tersedia di sana,” tuturnya.

Menurut Denny, Jakarta harus bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi era digital yang sudah berkembang saat ini mengingat ke depan Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara.

“Masyarakat harus paham betul dengan era digital, terutama aplikasi yang sudah dimiliki oleh Jakarta melalui Jakarta Smart City dengan aplikasi bernama JAKI,” ujarnya.

Denny berharap, kegiatan ini tidak hanya terhenti di sini dan mengimbau para camat dan lurah untuk terus melanjutkan kegiatan ini sehingga, pengetahuan serta wawasan masyarakat semakin meningkat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini juga membawa kebaikan agar pengetahuan dan wawasan masyarakat semakin meningkat,” tutupnya.