Aspem Buka Road Show Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Road Show Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila dan Pencanangan Tahun Kebangkitan Pancasila. Foto: Maulana

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany membuka Road Show Gerakan Rakyat Membumikan Pancasila dan Pencanangan Tahun Kebangkitan Pancasila, di Aula Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis(2/3).

Denny menjelaskan, kegiatan ini diinisiasi Majelis Musyawarah Pancasila (MMP) yang akan melakukan road show di 44 Kecamatan DKI Jakarta dan di Jakarta Pusat diawali dari Kecamatan Gambir.

"Road show ini untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila dan berdiskusi agar pemahaman Pancasila tidak terputus kepada masyarakat,"jelasnya

"Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat dalam hal ini memfasilitasi dan mendukung dengan menyediakan tempat," imbuh.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi salah satu pengingat pemahaman Pancasila.  Pasalnya, seiring perkembangan zaman tak bisa dipungkiri ada degradasi ringan.

"Sebelum degradasi Pancasila berkembang terlalu jauh kita berikan pemahaman lagi sehingga, masyarakat benar-benar paham," ucapnya.

Denny menginginkan setelah kegiatan ini dapat dibentuk komunitas masyarakat yang terus menggaungkan Pancasila.

"Komunitas akan mensosialisasikan di tingkat kecamatan dan akan turun hingga ke level kelurahan bahkan tidak menutup kemungkinan hingga level RT-RW, terus berkembang hingga masyarakat terkecil nantinya," ucap Denny.

"Diharapkan kegiatan ini terus berlangsung. Namun, tidak hanya seremonial melainkan face to face atau saling berdiskusi antar keluarga yang akhirnya nanti seluruh masyarakat khususnya di Jakarta Pusat mempunyai jiwa Pancasilais," tutupnya.