Aspem Hadiri Penyerahan Hadiah Lomba Satkamling Terbaik Polres Metro Jakarta Pusat

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan lomba Satkamling terbaik. Foto: Malik Maulana

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany menghadiri Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang diinisiasi Polri, di Lapangan Merah, Kantor Polres Metro Jakarta Pusat, Kecamatan Kemayoran, Rabu (21/6).

Kegiatan ini merupakan apresiasi Kapolri atas jerih payah dan kerja sama dari para petugas Satkamling atau dulu dikenal Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) dengan hansipnya.

Untuk itu, Polres Metro Jakarta Pusat mengadakan lomba Satkamling bagi wilayah atau kelurahan yang mempunyai nilai bagus dalam meningkatkan keamanan.

"Piagam penghargaan di wilayah Jakarta Pusat didapat dari tiga perwakilan yang telah menjadi juara terkait pengamanan lingkungan," kata Dhany. 

"Juara I Satkamling diperoleh wilayah Karang Anyar, Juara II Pegangsaan, dan Juara III dari Kelurahan Serdang," imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Aspem berharap, agar menjadi motivasi dan semangat Satkamling yang lainnya untuk menjaga kampungnya masing-masing.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menambahkan, Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT RW pada kelurahan ataupun desa. Oleh karena itu, kehadirannya menjadi early warning (peringatan dini) terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pengungsian yang prediktif.

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada petugas Satkamling. Dan hari ini, menggambarkan sinergitas TNI, Polri, dan masyarakat sebagai sebuah patokan agar kita bisa bersama-sama berkolaborasi menciptakan situasi keamanan yang aman, tertib, dan damai," ucapnya.

"Tadi juga kita berikan hadiah bagi pemenang berupa piala dan sepeda kepada setiap pemenang. Sepeda ini akan digunakan untuk memantau keliling kampung, memantau aktivitas kampungnya, guna mempersempit ruang gerak potensi-potensi kegaduhan, kekacauan dan lain sebagainya,” tandasnya.