Atasi Polusi Udara, Wawali Serukan Tanam Pohon

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali menghadiri diskusi publik penanganan polusi di DKI Jakarta. Foto: Berlian Sigit

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir menghadiri diskusi publik penanganan polusi di DKI Jakarta, di salah satu hotel wilayah Kecamatan Tanah Abang, Senin (28/8).

Chaidir mengatakan, segala upaya telah dilakukan untuk menangani polusi udara yang sedang terjadi. Di antaranya adalah dengan tidak membakar sampah, melakukan penanaman pohon, menggunakan transportasi umum, serta mengurangi aktivitas kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil untuk beralih ke kendaraan listrik.

"Saya mengimbau kepada jajaran ASN dan masyarakat untuk sama-sama melakukan penanaman pohon di lahan-lahan kosong guna menghindari terjadinya pencemaran udara akibat debu yang tertiup angin," jelasnya.

"Di lingkungan kantor pun diwajibkan untuk menanam tanaman hijau dan apabila di puncak kantor tersebut memiliki lahan kosong maka dibuatlah green building," tambahnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang juga hadir di acara tersebut meminta kepada para kepala daerah penyangga Jakarta untuk bersama-sama mengatasi polusi udara.

"Tolong Pak Bupati, Pak Walkot juga kita sama-sama menurunkan polusi di Jabodetabek, Jakarta tidak bisa sendiri karena cukup luas area yang terdampak," kata Heru.

Perlu diketahui, acara diskusi penanganan polusi ini juga dihadiri oleh Pemda Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Bodetabek).