Bundaran HI Jadi Tempat Kick Off Keketuaan ASEAN 2023

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kick off Keketuaan ASEAN  2023. Foto: Maulana

Meski sempat diguyur hujan sejak dini hari, tak menyurutkan masyarakat menghadiri kick off Keketuaan ASEAN  2023 yang dilakukan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), di Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), Jakarta Pusat, Minggu (29/1).

Acara yang dimulai dengan parade nusantara meliputi, parade bendera merah putih, parade pakaian nusantara, bendera ASEAN, marching band, dan juga ondel-ondel dari Sarinah menuju Bundaran HI.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, sebelumnya Indonesia telah menjalankan Presidensi G20 dengan baik. Lalu tahun ini, Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi global yang sangat tidak mudah.

"Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semua, perang, semua sedang terjadi. Namun, saya meyakini ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat dan kawasan. ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik," katanya.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini secara resmi saya nyatakan kick off Keketuaan ASEAN 2023 dimulai," kata Jokowi yang dilanjutkan pemukulan Rebana Biang tanda dimulainya kick off.

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengungkapkan, kick off ini menandakan dimulainya rangkaian kegiatan menuju KTT ASEAN, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan dukungan mulai dari persiapan-persiapan teknis, administrasi, dan dukungan lingkungan.

"Peran wali kota lebih banyak mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakat, sekaligus juga meyakinkan bahwa penyelenggaraan ini berjalan dengan lancar, aman, dan tertib," ungkapnya.

"Warga kita imbau untuk menjadi tuan rumah yang baik, ramah, dan menjaga ketertiban lingkungan," imbuhnya.

Sementara itu, Telly salah satu warga mengaku rela datang dari Bogor bersama ketiga temannya untuk menyaksikan kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

"Alhamdulillah kita menjadi tuan rumah dan kita sangat mendukung, sebagai warga Indonesia yang baik agar penyelenggaraannya berlangsung dengan baik," harapnya.