Cegah Keguguran, Sudin KPKP Beri Vaksin Brucella pada Sapi Perah

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas Sudin KPKP melakukan pemberian vaksin Brucellosis kepada sapi perah. Foto: Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan vaksinasi Brucella kepada sapi perah, di Peternakan Zaristan, Jalan Industri Raya, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (24/11).

Pemberian vaksinasi tersebut dilakukan untuk mencegah menularnya gangguan reproduksi pada sapi perah yang disebabkan bakteri crucellosis. Vaksin tersebut diharapkan dapat menghambat infeksi bakteri crucellosis yang biasanya menyerang janin dalam kandungan sapi.

"Di sini kita vaksin 11 ekor sapi dewasa betina dan satu ekor anak sapi. Semua sapi di Peternakan sapi perah Zaristan rutin mendapat vaksinasi Brucella satu tahun sekali. Selain itu, juga telah mendapat vaksin PMK, SE, dan Antrax," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati di lokasi.

Menurutnya, Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat senantiasa melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap peternakan sapi perah yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

"Di Jakarta Pusat ada satu peternakan sapi perah yaitu, Zaristan. Pemberian vaksin ini agar sapi tetap sehat dan tetap menghasilkan susu berkualitas tinggi yang aman serta sehat untuk dikonsumsi," tuturnya.

"Harapannya peternak tetap menjaga kesehatan, menjaga kebersihan  lingkungan agar sapinya tetap sehat," harapnya.