Dinas KPKP dan Sudin PPKUKM Jakpus Gelar Bazar Entrepreneur

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Bazar Entrepreneur dan Gerakan Pangan Murah, di Jalan Komplek Perkantoran Pasar Rawa Kerbau. Foto: Faisal Bintang Magang

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar Bazar Entrepreneur dan Gerakan Pangan Murah, di Jalan Komplek Perkantoran Pasar Rawa Kerbau, depan RPTRA Anggrek, Kecamatan Cempaka Putih, Jumat (20/10).

Kasatpel PPKUKM Kecamatan Cempaka Putih Muhammad Taqiyuddin mengatakan, bazar digelar pada 19-20 Oktober. Selama dua hari tersebut berhasil membukukan Rp35 hingga 40 juta.

"Kalau omset belum kita hitung, tapi rata-rata biasanya kita mengadakan kegiatan ini berhasil meraih omset 35 hingga 40 juta," ujar Taqiyuddin.

Sedangkan untuk peserta bazar, sebelum mengikuti akan ada seleksi terlebih dahulu, apakah layak atau tidak barang yang akan dijual.

"Untuk peserta bazar biasanya dilakukan akurasi terlebih dahulu, kita panggil calon pesertanya dan kita liat barang yang akan diikut sertakan," katanya

Taqiyuddin menjelaskan, dalam bazar tersebut terdapat 50 binaan yang telah dikurasi sebelumnya dengan 25 tenda. Para binaan tersebut merupakan binaan dari Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Dinas KPKP DKI Jakarta. 

“Jadi di sana ada sekaligus pangan murah bersubsidi dan binaan dari Dinas KPKP DKI Jakarta. Bazar merupakan sinergitas bersama,” tuturnya. 

Taqiyuddin berharap dengan bazar ini para binaan dapat naik kelas dan bisa mandiri serta menciptakan lapangan pekerjaan. 

“Bazar ini adalah salah satu jalan untuk mempromosikan produk para binaan agar dikenal masyarakat. Semoga upaya ini dapat menjadikan binaan semakin naik kelas,” pungkasnya.