Dukung Pengelolaan Sampah Tingkat RW, Sudin LH Akan Beri Bantuan Alat Komposter

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi pengelolaan sampah di tingkat RW. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam rangka implementasi Pergub 77 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampah di tingkat RW, Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat akan memberikan bantuan sarana prasarana untuk mendukung program tersebut.

Hal tersebut diungkapkan, Kasudin LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi saat memberikan sosialisasi Pergub 77, di Aula Kantor Kecamatan Gambir, Rabu (3/5).

"Di tahun ini kita mengadakan sarana dan prasarananya. Sudin LH akan memberikan bantuan ada gerobak, alat komposter, ember untuk memilah, dan tong sampah, itu nanti kita berikan kepada RW," kata Slamet.

Menurutnya dengan adanya program ini dapat terealisasinya pengurangan sampah dari sumbernya, kemudian adanya pengangkutan sampah yang terjadwal, dan terbentuknya rumah memilah. Sehingga, diharapkan warga dapat memilah sampah dari rumah masing-masing.

"Nanti setiap bulan kita evaluasi berapa rumah yang sudah lakukan pemilahan sampah di RW, lalu juga terbentuknya bank sampah unit di tingkat RW," ucapnya.

Baca Juga:

Pemkot Jakpus Galakkan Kembali Pergub Pengelolaan Sampah Lingkup RW

Slamet pun berharap warga semakin peduli terhadap pengelolaan sampah yang dapat diawali di lingkup rumah tangga dengan cara memilah sampah organik, dan non organik. Sehingga, menurutnya, akan membantu Dinas LH untuk melakukan upaya pengelolaan sampah berikutnya. 

"Jadi akan membiasakan warga untuk memilah sampah, dan sampah di Jakarta Pusat berkurang secara signifikan," imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kasie Ekbang Kecamatan Gambir Rasimun mengatakan, pihaknya tentu men-support program pengelolaan sampah di tingkat RW tersebut.

Rasimun menilai, apabila sampah dikelola dengan baik maka akan memiliki banyak manfaat. "Kami selalu sambangi, arahkan melalui Formapel dan LH Kecamatan Gambir untuk memotivasi serta membina warga agar senantiasa dilakukan secara konsisten, permanen, terus menerus, dan berinovasi dalam menjaga kebersihan lingkungan," ujar Rasimun.