DWP Jakpus Kolaborasi DWP Distamhut DKI Jakarta Gelar Pelatihan Membuat Kokedama

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan membuat Kokedama. Foto: Angga Rizkyanda

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Kolaborasi DWP Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta menggelar pelatihan membuat Kokedama, di stan Distamhut Flona 2023, Taman Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (26/9).

Kokedama adalah seni membuat pot praktis, unik, dan murah. Selain menjadi penghias rumah, kokedama juga dapat dijadikan peluang bisnis.

"Kokedama yaitu seni tanaman hias dari Jepang dengan memanfaatkan limbah rumah tangga dan pelatihan ini diikuti anggota DWP Jakarta Pusat. Jadi kali ini menanamnya tidak di pot, melainkan menanam dengan menggunakan serabut kelapa dan dibuat dengan sangat cantik,” ujarnya Ketua DWP Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah.

Sementara itu, Ketua DWP Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Cinthya Bayu Meghantara menjelaskan, pelatihan kokedama ini memanfaatkan serabut kelapa sebagai media tanam yang digabung dengan hasil kompos sampah rumah tangga dan tali dari jerami untuk mempercantik tanaman.

“Sebenarnya kokedama ini bukan tanaman melainkan teknik menanam dengan menggunakan limbah. Jadi tidak ada unsur plastik sama sekali dan dibentuk cantik sehingga bisa menambah hiasan rumah tangga. Tanaman yang bisa dibuat kokedame juga hanya tanaman hias,” ujarnya.

Cinthya pun berharap, pelatihan ini dapat menjadi contoh keluarga maupun tetangga untuk mempercantik rumah dengan tanaman hias yang memanfaatkan limbah rumah tangga, sekaligus dapat menghasilkan peluang usaha baru bagi keluarga.

“Selain itu, harapannya ke depan kerja sama ini juga bisa berjalan terus, baik dari DWP Provinsi atau mungkin juga dengan organisasi-organisasi wanita lainnya. Ilmu yang dibawa pulang pada pelatihan kokedame ini juga diharapkan bisa menjadi manfaat untuk semuanya,” tutupnya.