Gulkarmat Sinergi dengan Kelurahan Utan Panjang Gelar Pelatihan dan Simulasi Kebakaran

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan simulasi pemadaman kebakaran. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Pusat bersinergi dengan Kelurahan Utan Panjang melaksanakan pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran, di Sekretariat RW 10, Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Selasa (1/8). 

Lurah Utan Panjang Amadeo mengatakan, pelatihan simulasi kebakaran merupakan salah satu upaya pencegahan, terlebih di sini lokasinya sangat padat penduduk dan rawan kebakaran.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, pelatihan dan simulasi kebakaran harus diikuti dengan serius dalam rangka pencegahan sejak dini," katanya.

Menurutnya, sinergi dengan Gulkarmat tidak hanya pelatihan simulasi kebakaran saja melainkan penggunaan pompa apung. 

"Selain pelatihan, pengunaan pompa ampung juga diajarkan. Saya juga berharap dengan pelatihan ini wilayah RW 10 bisa mencegah kebakaran sejak dini dan terhindar dari bahaya kebakaran," harapnya.

Baca Juga:

Selama Delapan Tahun RW 09 Bebas DBD, Lurah Utan Panjang Berikan Penghargaan

Lurah Utan Panjang Bagikan Dua Kursi Roda untuk Warga Disabilitas

Sementara itu, Satgas Gulkarmat Kelurahan Utan Panjang Arief Ferdiansyah menambahkan, tujuan simulasi ini diharapkan ibu dan bapak bisa mengetahui bagaimana cara menanggulanginya kebakaran secara dini sebagai awal pencegahan. 

"Ada beberapa materi yang akan disampaikan baik secara tradisional maupun modern. Tradisional menggunakan alat yang ada disekitar kita (handuk, kain, karung dan lain sebagainya) sementara, modern bisa menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). 

Di tempat yang sama, Ketua RW Kelurahan Utan Panjang Sujono menjelaskan, pelatihan pemadaman kebakaran ini sudah diajukan waktu musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021. 

"Di tahun 2023 ini baru terlaksana karena waktu tahu 2021 masih masa pandemi Covid-19," jelasnya. 

"Pelatihan kebakaran sangat penting sekali terlebih hari-hari ini ada kabar peristiwa kebakaran. Alhamdulillah RW 10 Kelurahan Utan Panjang mendapatkan pelatihan simulasi bagaimana cara menanggulanginya kebakaran," imbuh Sujono. 

Pada pelatihan simulasi kebakaran di RW 10 Kelurahan Utan Panjang diikuti 30 peserta dari RT 01 sampai RT 13. Juga sempat dimonitor oleh Wakil Camat Kemayoran Nuralamsyah.