Hijaukan Jakarta, 70 Pohon Ditanam di Gunung Sahari Utara

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang melakukan penanaman pohon di Jalan Industri, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (15/12). Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat melakukan kegiatan rutin penanaman pohon pada setiap hari Jumat. Kali ini penanaman berlangsung di Jalan Industri, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar,  Jumat (15/12).

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut program Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan arahan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam melakukan penghijauan lingkungan di wilayah.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran, dan Artha Graha Peduli melakukan penanaman dengan total 70 pohon yang terdiri dari tanaman pelindung dan tanaman produktif.

"Total ada 70 pohon, 50 pohon dari Arta Graha Peduli, enam jenis tanaman produktif yang ditanam di sekitar pemukiman warga, dan 20 pohon tabebuya dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat yang kita tanam di jalur hijau," ujarnya.

Asekbang menjelaskan, program penghijauan ini dilakukan sebagai usaha pemerintah untuk menurunkan tingkat polutan yang ada di wilayah Jakarta khususnya Jakarta Pusat.

"Kita lakukan penghijauan di median jalan sebagai usaha kita untuk mengurangi polusi dan menghasilkan oksigen yang bermanfaat," katanya.

Dia juga berharap seluruh lapisan masyarakat dapat melakukan hal yang sama sehingga penghijauan di Jakarta dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan udara bersih yang bermanfaat untuk kesehatan warga masyarakat.

"Ini bukan hanya sekedar program pemerintah, saya harap semua komponen masyarakat terlibat. Ayo bersama-sama dengan semangat yang sama kita hijaukan Jakarta," harapnya.