Jadi Tuan Rumah Upacara Hari Lahir Pancasila, DKI Laksanakan Bersih-Bersih Kawasan Monas

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih kawasan Monas. Foto: Angga Rizkyanda

Dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang jatuh pada 1 Juni nanti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan kerja bakti bersih-bersih, di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (27/5) pagi.

Dalam amanat yang dibacakan Asisten Pemerintahan (Aspem) Pemprov DKI Sigit Widjiatmoko, Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono menyatakan, pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, Pemprov DKI Jakarta mendapat kepecayaan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan dalam dalam bentuk upacara bendera di kawasan Monas.

“Pagi ini kita akan melaksanakan kerja bakti sebagai wujud tanggung jawab kita atas amanah yang diberikan. Kerja bakti akan dilaksanakan pada area kawasan Monas, sisi silang Monas, dan sisi dalam Monas sampai dengan Cawan Monas,” ujarnya.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Heru Budi Hartono mengungkapkan, kegiatan ini didukung 3.000 personel gabungan yang terdiri dari unsur kewilayahan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta.

“Personel terdiri dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di masing-masing wilayah kota administrasi dan juga dukungan lpasukan pelangi dari dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta,” terangnya.

Pj Gubernur juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih untuk segala dukungan dan partisipasi dari masing-masing dinas, kota administrasi dan para petugas yang hadir pada kegiatan kerja bakti hari ini.

“Kerja bakti ini mari sama-sama kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Sehingga, hasil kegiatan yang kita lakukan mendapat hasil maksimal. Dan Bermanfaat bagi kehidmatan penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Chaidir menyatakan, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dalam kegiatan ini menurunkan kurang lebih 840 personel yang terdiri dari unsur kewilayahan delapan kecamatan dan 44 kelurahan serta pasukan pelangi dari UKPD Jakarta Pusat.

“Harapannya nanti pada Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila pada dapat berjalan secara baik, tertib, aman, nyaman dan bersih. Sekaligus juga sukses penyelenggaraan acara ini sukses untuk kota Jakarta Pusat dan Pemprov DKI Jakarta dan sukses untuk Indonesia,” harapnya.

Perlu diketahui, pada kegiatan ini selain melibatkan personel dari Pemprov DKI juga melibatkan komunitas para kusir delman yang biasa beroperasi pada hari libur di kawasan Monas.