Jelang Bulan Suci Ramadan, Wali Kota Hadiri Acara Silaturahmi Ulama dan Umaro

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri silaturahmi Ulama dan Umaro di Masjid Al-Hikmah. Foto: Angga Rizkyanda

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri silaturahmi Ulama dan Umaro di Masjid Al-Hikmah, Jalan Karang Anyar Raya, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Minggu (19/3).

Acara yang diinisiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 H, diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Ustad Yusuf Taufik.

Dalam sambutannya, Dhany mengapresiasi kegiatan silaturahmi antara ulama dan umaro yang diinisiasi MUI Jakarta Pusat menjelang bulan suci Ramadan ini.

“Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas inisiasi MUI Jakarta Pusat untuk menyelenggarakan acara silaturahmi jelang memasuki bulan suci Ramadan, bulan yang penuh keberkahan, dan penuh dengan nilai ibadah,” ucapnya.

Menurut Dhany, kegiatan silaturahmi ini penting untuk mempererat hubungan dan sinergi antara ulama dan umaro. Sehingga, ulama dan umaro dapat terus bekerja sama dalam memperbaiki akhlak atau perilaku umat agar menjadi lebih baik lagi.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada alim ulama, khususnya MUI yang selama ini sudah begitu gencarnya untuk memperbaiki akhlak manusia supaya lebih baik lagi. Karena ketika akhlak manusia baik tentu peran pemerintah juga akan lebih mudah. Artinya antara ulama dan umara memang harus bergandengan tangan satu sama lain,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Kota Administrasi Jakarta Pusat KH Robi Fadil Muhammad mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin MUI Jakarta Pusat yang diselenggarakan setiap bulan untuk mempererat hubungan erat antara ulama dan umaro.

“Ini kegiatan rutin MUI Jakarta Pusat setiap sebulan sekali dengan mengadakan dhuha gabungan. Tujuannya untuk silaturahmi ulama dan umaro sekaligus mempersiapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan pada saat bulan suci Ramadan,” jelasnya.

Robi pun berharap, kegiatan ini dapat menambah hubungan erat antara ulama dan umaro sehingga dapat terus bersinergi dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial untuk masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menambah erat silaturahmi antara ulama dan umara. Dan di setiap kegiatan keagamaan dan sosial semuanya bisa berjalan bersama sehingga masyarakat bisa terlayani,” tutupnya.

Acara ini juga diisi dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar tentang keistimewaan bulan suci Ramadan dan ditutup oleh doa yang dipimpin Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta KH Yusuf Aman.

Turut hadir Kabag Kesra Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Joehandi, Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Anton Elfrino Trisanto, Perwakilan Dandim 0501 Jakarta Pusat, Camat Sawah Besar Prasetyo, dan Lurah Karang Anyar Arif Lingga Pratama. 

Selain itu, perwakilan organisasi keagamaan lainnya juga turut menghadiri kegiatan ini, di antaranya, pengurus Muhammadiyah, pengurus Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam (Persis), Forum Ulama Habaib (FUHAB), dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).