Jelang Natal, 75 Personel Satpol PP Dikerahkan Bersih-bersih Gereja Immanuel

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih Gereja Immanuel. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) melakukan kerja bakti bersih-bersih gereja diinisiasi Satpol PP menjelang ibadah perayaan Natal yang akan dilaksanakan umat Kristiani di tiap wilayah Administrasi Jakarta Pusat.

Di wilayah Kecamatan Gambir, bersih-bersih dilaksanakan di Gereja Immanuel, Jalan Medan Merdeka Timur, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Linmas dan Kehumasan Satpol PP Kota Jakarta Pusat Karlina Arbain menjelaskan, selain bersih-bersih kegiatan ini juga sekaligus bersilaturahmi ke pengurus Gereja Immanuel. 

"Kita mengadakan bersih-bersih di Gereja Immanuel jelang Natal, di mana gereja ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Jakarta Pusat. Selain bersih-bersih, kami juga ingin bersilaturahmi dengan pengurus gereja," tuturnya.

"Tujuan utamanya agar teman-teman yang beragama Nasrani melakukan ibadah Natal dan Tahun Baru bisa nyaman, tenang dengan lingkungan yang bersih sekaligus juga menjalin kerukunan toleransi di antara kita," imbuhnya. 

Baca Juga: 

Wali Kota Jakpus Pimpin Apel Bersih-Bersih Gereja

Pada bersih-bersih, lanjutnya, personel Satpol PP yang dikerahkan tidak hanya di Gereja Immanuel tapi menyebar ke semua gereja se-Kecamatan Jakarta Pusat.

"Dari Satpol PP kebetulan tidak hanya di Immanuel saja, tetapi menyebar ke semua gereja yang ada di setiap Kecamatan wilayah Jakarta Pusat. Untuk di Gereja Immanuel sendiri dikerahkan 75 personel Satpol PP Kota Administrasi jakarta Pusat," ucapnya. 

Karlina juga berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan agar terjalin silaturahmi antar umat beragama dan terpupuk rasa toleransi yang baik. 

Sementara itu, Wakil Camat Gambir Agus Triyono menambahkan, hari ini kita melakukan bersih-bersih Gereja Immanuel di sekitar halaman gereja karena akan digunakan saudara-saudara umat Kristiani pada tanggal 24 dan 25 dalam merayakan Natal Tahun 2023.

Menurut Agus, kegiatan yang diinisiasi Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat meruapakan bentuk dari kolaborasi juga toleransi untuk umat Kristiani agar nanti dapat nyaman dan khusyuk dalam melakukan ibadah Natal.

"Saya berterima kasih kepada jajaran Kecamatan Gambir, Satpol PP, juga pihak Gereja Immanuel. Inilah bentuk kolaborasi kerja sama kita dan toleransi untuk saudara-saudara Umat Kristiani yang ingin melaksanakan ibadah Natal Tahun 2023," terangnya.