Kampung Bali Optimis Madya dalam Proklim

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Tim Penilai Verifikasi Lapangan Proklim meninjau di wilayah Kelurahan Kampung Bali. Foto: Maulana

Tim Penilai Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Provinsi atau Madya Tahun 2023 menyambangi RW 03 Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (7/9) siang.

Dalam Verifikasi lapangan ini, Tim Penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengecek langsung berkas-berkas dan keadaan wilayah RW 03 Kelurahan Kampung Bali terkait Proklim Tingkat Provinsi.

Tim Verifikator Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Ria lantasih mengatakan, usai melakukan peninjauan langsung di lapangan sudah terlihat upaya-upaya yang dilakukan oleh masyarakat dan pengurus RW 03 Kelurahan Kampung Bali ini.

"Banyak aksi-aksi yang telah dilakukan seperti penghijauan, penanaman pohon toga, dan pemeliharaan kali yang juga dibantu pihak kelurahan serta sudin terkait. Di sini dilihat sudah tertata walaupun berada di pemukiman padat," katanya.

"Ini menjadi bagian dari aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, banyak hal yang telah dilakukan warga," imbuhnya.

Ria berharap dengan proklim ini warga dapat terus mengelola lingkungan karena telah banyak mendapat dukungan baik dari pemerintah maupun sektor swasta.

"Warga harus lebih semangat lagi dan lebih banyak aksi yang dilakukan mulai dari pengolahan sampah, penghijauan, harapannya RW 03 ini dapat menerima penghargaan Proklim Tingkat Madya dan aksinya terus berjalan hingga kita usulkan ke tingkat nasional," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty mengaku optimis RW 03 akan mendapat predikat Proklim Tingkat Madya setelah melihat apa yang telah dilakukan masyarakat RW 03 yang dikomandoi Ketua RW.

"Kita selalu optimis, sesuai slogan 'Kampung Bali Pasti Bisa'. Semua elemen masyarakat termasuk RW, RT, Karang Taruna, Lansia, dan lainnya semua bergerak menciptakan proklim, mulai warga dari yang muda hingga yang tua turut serta dan hadir pada hari ini. Alhamdulillah ini membuktikan bahwa semua elemen RW 03 mendukung  proklim karena bukan lurah yang akan menikmatinya melainkan warga sendiri," ucapnya.

Ety menuturkan, nanti program proklim akan dilakukan dan diterapkan di RW lainnya yang ada di Kelurahan Kampung Bali.

"Ke depan kita sudah ada RW yang kita lirik untuk menjadi RW Proklim berikutnya, kita akan mengajak warga untuk gemar menanam atau melakukan penghijauan," tuturnya.