Kawasan Gang Kembang Sepatu Kampung Rawa Ditata

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan di Jalan Rawa Selatan, Gang Kembang Sepatu. Foto: Maulana

Pada triwulan ketiga, Kelurahan Kampung Rawa melakukan penataan di Jalan Rawa Selatan, Gang Kembang Sepatu, RT 03/RW 05, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (8/9). 

"Penataan yang dilakukan saat ini merupakan triwulan ketiga dan sudah berjalan dua bulan. Penataan difokuskan pada pembersihan dan pengecatan tembok yang nantinya akan dibuat mural hingga vertical garden," kata Plt Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Kampung Rawa Saminem. 

"Kawasan ini dipilih untuk penataan karena tidak terlalu padat penduduk kemudian temboknya juga bukan termasuk dalam Pergub Nomor 90 yang ditangani Dinas Perumahan," imbuhnya. 

Saminem juga menjelaskan, pada bulan Juli merupakan tahap awal di mana pihaknya melakukan pembersihan got, tembok-tembok, dan penertiban pedagang di sekitar Jalan Kembang Sepatu. 

"Pada bulan Juli kita melakukan rapat bersama RT dan warga sekitar, setelah semua sepakat baru kita melakukan pembersihan got, tembok-tembok, dan penertiban pedagang," jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, tembok sudah dilakukan pengecatan tinggal nanti di buat mural dan vertical garden yang belum selesai. "Kita sudah berjalan sekitar dua bulan, Alhamdulillah pengerjaan sudah mencapai 70 persen," ucapnya. 

Dengan melihat antusias warga dan dukungan RT setempat, Suminem sangat berharap penataan dapat berkelanjutan agar kawasan ini tetap bersih tidak kumuh rapi serta indah dan warga di sekitar dapat leluasa untuk keluar masuk.