Kecamatan Cempaka Putih Deklarasi Bebas ODF

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Deklarasi Bebas Open Defecation Free (ODF) di RW 04, Kelurahan Rawasari. Foto: Malik Maulana

Kecamatan Cempaka Putih melakukan Deklarasi Bebas Open Defecation Free (ODF) di RW 04, Kelurahan Rawasari, Jakarta Pusat, Jumat (27/1).

Dalam deklarasi ODF tersebut dihadiri, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, Direktur Penyelamatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Anas Ma'ruf, Camat Cempaka Putih Fauzi, Lurah Rawasari Arief Biki, dan jajaran terkait.

Dhany Sukma mengatakan, Kecamatan Cempaka Putih memiliki warga yang cukup baik kepeduliannya, karena masyarakatnya di setiap gang melakukan penghijauan.

"Proklim Lestari Tingkat Nasional ada di Cempaka Putih. Semangat untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik sudah bisa ditampilkan," katanya.

Terlebih, lanjutnya, Kecamatan Cempaka Putih telah berhasil bebas ODF berkat semangat kolaborasi yang dilakukan berbagai stakeholder dan masyarakat.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh warga Cempaka Putih yang sudah bisa menyatakan 100 persen meraih ODF," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Penyelamatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Anas Ma'ruf mengungkapkan, sehat merupakan tanggung jawab semua.

"Menyehatkan dimulai dari diri kita sendiri, meluas kekeluarga hingga ke Indonesia, sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Anas juga mengajak untuk menyelesaikan masalah ODF di DKI Jakarta yang merupakan ibu kota negara dan pusat bisnis nasional, sehingga menjadi barometer bebas ODF.

"Supaya kita bisa membuktikan kepada dunia menjadi provinsi yang bebas ODF, saya kira dalam 2 tahun ini bisa kita selesaikan," tandasnya.