Kecamatan Gambir Melakukan Sosialisasi Pembangunan Trotoar di Wilayah Petojo Selatan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi terkait rencana pembangunan trotoar di wilayah Kelurahan Petojo Selatan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kecamatan Gambir melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan trotoar di wilayah Kelurahan Petojo Selatan.

Sosialisasi ini diikuti para Ketua RT dan RW, LMK, FKDM, Lurah Petojo Selatan, juga SKPD terkait di wilayah Kelurahan Petojo Selatan.

Plt Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Gambir Rasimun mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan hasil rapat yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada 13 Juni lalu terkait pembangunan trotoar di beberapa lokasi di Jakarta Pusat.

“Pada kesempatan ini diperuntukan agar masing-masing perwakilan warga dapat memberikan informasi atau usulan-usulan sehingga, nantinya saat eksekusi pengerjaan dapat berjalan dengan lancar,” katanya, di Aula Kantor Kecamatan Gambir, Selasa (20/6). 

Baca Juga:

Pemkot Jakpus Akan Sosialisasi Penataan Pedestrian di Tiga Wilayah Kecamatan

Rasimun menjelaskan, untuk di Kelurahan Petojo Selatan pembangunan trotoar akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Kesehatan dan Jalan Petojo Enclek 14 yang bersinggungan dengan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

“Diharapkan dengan adanya pembangunan trotoar ini, kondisi lingkungan akan bersih dan rapi, selain itu para pejalan kaki dapat berjalan di tempat semestinya yaitu, di trotoar, bukan di jalan raya sehingga, tidak membahayakan bagi pengguna jalan lainnya,” tegasnya.

Kedepannya, lanjut Rasimun, nanti akan dibangun sinergi dengan satpel lainnya di Kecamatan Gambir ini seperti, SDA, Pertamanan dan Hutan Kota, Perhubungan serta Satpol PP untuk ikut menjaga proses kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan Sudin Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat Yayat menjelaskan, pengerjaan ini akan dimulai pada Juli 2023 mendatang, dan ditargetkan empat bulan akan rampung.

"Pengerjaan pembangunan trotoar akan dilaksanakan oleh Sudin Bina Marga dengan acuan pembangunan trotoar yang ideal berdasar standar dari Kementerian PU dan juga Dinas Bina Marga. Peningkatan dengan lebar ideal 1,8 m dan dilengkapi fasilitas penunjang untuk kaum difabel, selain itu juga di Jalan Kesehatan akan dilakukan penambahan penerangan,” terangnya.