Kecamatan Kemayoran Raih Juara 1 Lomba Beduk Tingkat Kota Jakarta Pusat

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko menyerahkan piala kepada Juara 1 Lomba Beduk Tingkat Kota Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Festival Beduk yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 secara resmi di tutup hari ini, Kamis (13/4) sore.

Festival Beduk ini telah berlangsung sejak kemarin, Rabu (12/4) diikuti 16 grup yang sebelumnya telah menjadi juara di tingkat kecamatan.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, bahwa di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat terdapat suasana yang berbeda karena terngiang lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an serta pukulan beduk yang sangat serasi.

"Dua hari ini sangat luar biasa meriah kantor wali kota ada suasana yang berbeda, kita sama-sama mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an serta pukulan-pukulan beduk yang sangat serasi," katanya.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Gelar Wawasan Keagamaan Islam, Safari Ramadan, dan Festival Beduk

Iqbal sangat senang melihat para peserta lomba beduk karena terdapat koreografi dalam penampilannya.

"Tadi saya lihat dari masing-masing kecamatan sepertinya sangat terorganisasi, ada koreografernya kayaknya nih, langkahnya aja kompak sampe mukul beduknya juga kompak," ucap Iqbal sambil tersenyum dihadapan para peserta lomba beduk.

"Semoga acara ini dapat membawa aura positif di lingkungan di tempat tinggal masing-masing, dapat mempertebal rasa keimanan kepada Allah SWT, dan juga dapat mempertebal rasa memiliki kebudayaan yang ada di tengah kita. Sehingga, menjadi insan yang beragama dan berbudaya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Moh. Nurdin menjelaskan, kegiatan Festival Beduk ini merupakan bentuk kolaborasi dengan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Setelah para peserta selesai berlomba dan nilai sudah terkumpul maka saatnya pengumuman pemenang Festival Beduk Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2023.

"Berdasarkan kriteria penilaian seperti teknik dan variasi pukulan beduk, kefasihan, dan penguasaan takbir, aransemen serta kekompakan, penghayatan interpretasi ekspresi dan sikap, penampilan secara keseluruhan. Maka Juara 1 Lomba Beduk Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2023 diraih oleh Kecamatan Kemayoran dengan total nilai 1.210," kata Nurdin didampingi dewan juri.