Kelurahan Cideng Masuk Peringkat Tiga Besar Program Kampung Keluarga Berkualitas

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Tim verifikasi lapangan mendatangi RPTRA Kenanga, Cideng. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Verifikasi Kampung Keluarga Berkualitas mendatangi RPTRA Kenanga, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/3).

Tim verifikasi lapangan tersebut berasal dari Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta dan Biro Kesejahteraan Sosial (Kesos).

Sub Koordinator Pengendalian Penduduk Dinas PPAPP DKI Jakarta Dini menerangkan, tujuan kedatangan tim verifikasi kesini dalam rangka penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023. Di mana Kelurahan Cideng masuk kedalam peringkat tiga besar.

"Jadi kedatangan kami kesini dalam rangka verifikasi lapangan. Sebelumnya kami sudah seleksi berkas terhadap enam Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi DKI Jakarta dan Kelurahan Cideng masuk kedalam peringkat tiga besar,” ujar Dini.

Selain itu, lanjutnya, sebelum melakukan verifikasi lapangan, perangkat kerja Kelurahan Cideng sudah melakukan penginputan data dan kegiatan ke website kampungkb.bkkbn.co.id.

"Setelah perangkat kerja Kelurahan Cideng mengisi website tersebut, kami datang untuk mengkroscek data-data yang diisi pada website yang dikhususkan menjadi wadah untuk pemantauan, apa saja yang sudah dilakukan oleh Kelurahan Cideng,” jelasnya.

Dini menambahkan, dari hasil verifikasi lapangan diharapkan Kelurahan Cideng bisa menjadi rujukan di tingkat DKI Jakarta dan nasional.

“Yang pasti Kelurahan Cideng sudah menjadi 3 besar terbaik di Provinsi DKI Jakarta, semoga nantinya bisa menjadi contoh dan rujukan dari wilayah lainnya,” tutur Dini.

Sementara itu, Lurah Cideng Agus Apriyanto menambahkan, selain sudah melakukan optimalisasi dan juga input data, pihaknya juga telah melakukan program yang sesuai dengan Kampung Keluarga Berkualitas.

“Kami sudah melakukan program yang sesuai dengan program Kampung Keluarga Berkualitas, termasuk mengisi data pada sistem,” terang Agus.

Namun demikian, lanjut Agus, diriya berharap digagasnya program ini bisa menjadikan Kelurahan Cideng sebagai contoh bagi wilayah lainnya.

“Mudah-mudahan dengan digagasnya program ini, kualitas masyarakat khususnya di Cideng semakin meningkat. Sehingga, program pemerintah bisa berjalan baik dan berakhir pada peningkatan kualitas masyarakat di Kelurahan Cideng,” tutup Agus.