Kelurahan Harapan Mulya Dapat Piala Bergilir Pengumpulan Minyak Jelantah Terbanyak

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Penerimaan piagam penghargaan pengumpul minyak jelantah terbanyak. Foto: Zaki Ahmad Thohir

TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Rumah Sosial Kutub memberikan anugerah piala bergilir sekaligus piagam penghargaan bagi PKK kelurahan yang rutin mengumpulkan minyak jelantah melalui program Kota Tersenyum secara offline dan online.

Piagam dan penghargaan offline tersebut diberikan langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, dan Kepala Divisi Rumah Sosial Kutub Afiq, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (13/1).

"Selamat kepada Kelurahan Harapan Mulya, Kebon Kosong, Pasar Baru, Gambir, Sumur Batu yang rutin mengumpulkan minyak jelantah yang mendapatkan piagam, dan uang pembinaan," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. 

"Mudah-mudahan piala bergilir ini tidak hanya berada di Kelurahan Harapan Mulya yang mengumpulkan minyak jelantah terbanyak. Tetapi bergilir kelurahan lainnya," imbuhnya. 

Menurutnya, pengumpulan minyak jelantah itu bukan tujuan, hanya sebuah media. Tujuan utamanya bagaimana lingkungan menjadi lebih sehat, bersih, dan lebih menciptakan keberkahan dari sesuatu yang tidak bernilai menjadi lebih bernilai. 

"Semangat kita ialah melihat tujuannya bukan alatnya, sehingga mempunyai kesamaan pandang menjadikan minyak jelantah terkelola dengan baik. Semakin banyak kebaikan yang dikelolah PKK bersama Rumah Sosial Kutub maka akan semakin banyak lingkungan yang menjadi sehat dan bersih," jelasnya. 

Dhany meminta agar melalui ini dapat menyampaikan manfaat dan tujuannya terkait pengumpulan minyak jelantah kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menambahkan, sejak Tahun 2021 program pengumpulan minyak jelantah ini berjalan dan telah menjadi gerakan kebaikan, gerakan PKK, bahwa minyak jelantah begitu banyak manfaatnya. 

"Saya berharap keluarga yang ada di Jakarta Pusat, lingkungannya, kesehatannya, tidak tercemar dengan minyak jelantah yang tidak terolah," ucapnya. 

Piagam penghargaan ini, lanjutnya, diberikan bagi PKK kelurahan atas peforma terbaik pengumpulan minyak jelantah di bulan Oktober-November 2022. 

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Rumah Sosial Kutub Afiq menjelaskan, suksesnya program Kota Tersenyum (Terima Sedekah Minyak Jelantah Untuk Mereka) berkat kolaborasi dengan tiap pemerintah kota yang ada di Provinsi DKI Jakarta. 

"Kita akan membantu sosialisasi untuk ke kelurahan hingga ke RW yang ada di wilayah Jakarta Pusat terkait manfaat dan tujuan mengumpulkan minyak jelantah," ungkapnya. 

"Kami juga mengucapkan selama kepada TP PKK yang telah memberikan dedikasi yang luar biasa untuk memfasilitasi masyarakat bersedekah minyak jelantah," tandasnya.