Kelurahan Kampung Rawa Tata Gang Wijaya Kusuma Lebih Hijau dan Instagramable

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asri dan hijau, hasil penataan Gang Wijaya Kesuma, RT 10 RW 05. Foto: Maulana

Kelurahan Kampung Rawa memilih Gang Wijaya Kusuma, RT 10 RW 05 untuk penataan kawasan unggulan tahap kedua di Triwulan I Tahun 2023.

Lurah Kampung Rawa Ferri Zahrudin mengatakan, ini berdasarkan usulan warga setempat yang didapat saat rapat penentuan lokasi di kelurahan, dan juga keterbatasan lahan maka gang sepanjang 90 meter persegi dipilih menjadi lokasi penataan kawasan unggulan.

"Awalnya lokasi ini belum tertata, saluran tidak tertutup, aspal mengelupas maka kita tata melalui program penataan kawasan ini agar terlihat lebih indah dan nyaman," katanya di lokasi, Kamis (6/4).

Dalam penataan kawasan ini, lanjutnya, beberapa perubahan dilakukan mulai dari pengaspalan, perbaikan saluran, penambahan penghijauan hingga mural yang instagramable.

"Saluran air telah dikeruk dan ditutup dekker oleh Sudin SDA, di aspal ulang dan diberi tambahan pencahayaan oleh Sudin Bina Marga, diberi tambahan tanaman serta vertical garden oleh Sudin Pertamanan dan juga tembok-temboknya di mural oleh teman-teman PPSU," ucapnya.

"Mural membuat menjadi terlihat indah dan instagramable sehingga dapat berswafoto. Mural bertemakan pengelolaan sampah," imbuhnya.

Menurutnya, usai ditata pemelihara dan perawatan lokasi kawasan unggulan ini akan dilakukan oleh warga bersama pihak kelurahan.

"Pemeliharaannya sama seperti penataan kawasan sebelumnya di Jalan Flamboyan akan dilakukan oleh warga bersama kita berkolaborasi memelihara kawasan ini," ujarnya.

Ferri berharap, melalui penataan kawasan ini wajah wilayah Kampung Rawa yang pemukiman padat penduduk dan terkesan kumuh bisa dirubah.

"Mudah-mudahan Kampung Rawa menjadi kawasan yang bersih, asri, dan ramah lingkungan," harapnya.