Kelurahan Kebon Kacang Gelar Posyandu Lansia dan Posbindu

Reporter: Adi Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Posyandu lansia di Kelurahan Kebon Kacang. Foto: Maulana

Kelurahan Kebon Kacang bersama Puskesmas Kecamatan Tanah Abang menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Sekretariat RW 07, Jakarta Pusat, Senin (16/01).

Sekretaris Posyandu Flamboyan RW 07 Hosiya mengatakan, kegiatan posyandu lansia dan posbindu ini dilakukan selama satu bulan sekali setiap awal bulan.

“Pemeriksaan di sini mencakup tentang kesehatan pribadi, keluarga, serta lingkungan. Kita juga mengadakan tensi darah, penimbangan berat badan, dan makanan sehat tambahan untuk posbindu," katanya.

“Sementara untuk lansia kita mengadakan penyuluhan tentang penyakit, dan pengecekan gula darah, kolestrol, serta asam urat. Apabila lansia tersebut membutuhkan pengobatan rujukan kita juga mengadakannya, karena ada tim kesehatan dan dokter dari puskesmas," imbuhnya.

Hosiya juga mengaku bahwa antusias masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya di posyandu ini sangat bagus, di karenakan sudah adanya pendekatan selama jauh-jauh hari terhadap masyarakat.

"Jauh sebelumnya kita mengadakan pendekatan kepada RT-nya, dan merangkul kadernya. Kita juga datang secara door to door untuk menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan dan lingkungan sehat. Maka dari itu, pada hari ini peserta lansia ada 102 orang, dan untuk peserta posbindu ada 38 orang yang datang," tuturnya.

Di lokasi yang sama, warga RT 11 RW 07 Kelurahan Kebon Kacang Hadi Sumarto mengungkapkan, kegiatan posyandu lansia ini bagus dan terjamin untuk mengecek kesehatannya dan secara rutin.

“Rutin datang untuk mengecek kesehatan. Alhamdulillah selama ini tidak ada keluhan apa-apa dan terjamin setiap bulan kita disuruh datang untuk cek Kesehatan," tandasnya.