Kelurahan Pasar Baru Serahkan 100 Bendera Merah Putih Kepada Warga

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan bendera merah putih kepada warga Kelurahan Pasar Baru. Foto: Andreas Pamakayo

Kelurahan Pasar Baru melakukan prosesi penyerahan bendera merah putih kepada delapan ketua Rukun Warga (RW), di kantor kelurahan setempat, Jumat (28/7).

Wakil Camat Sawah Besar Devi Riana Sumanthi mengatakan, rangkaian ini dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78. Di mana Kelurahan Pasar Baru menggugah, menyemangati warga bahwa nilai Pancasila, kepatriotan harus sudah mulai tertanam dari sekarang dan seterusnya.

"Lebih kurang Pak Lurah menyerahkan 100 bendera merah putih kepada ketua RW yang nanti akan diserahkan lagi kepada warga masyarakat," kata Devi.

"Semoga kegiatan pemberian bendera merah putih kepada warga masyarakat terus dipertahankan agar tetap memiliki jiwa semangat patriotisme, cinta tanah air, dan bangsa," imbuhnya.

Semetara itu, Lurah Pasar Baru Arbi Novianto mengapresiasi kegiatan prosesi penyerahan bendera merah putih karena didukung oleh warga masyarakat, PPSU, dan para pegawai ASN. 

"Ini sangat luar biasa, saya sebagai Lurah Pasar Baru sangat bangga dan terharu kepada warga saya karena di samping kesibukannya masih ada jiwa patriotisme untuk NKRI harga mati dalam menghadiri prosesi penyerahan bendera merah putih," katanya. 

Di tempat yang sama Ketua RW 01 Kelurahan Pasar Baru Yeni Ardiyati mengaku baru kali ini prosesi penyerahan bendera merah putih berlangsung secara hikmat dan meriah. 

"Saya sangat kagum dan baru kali ini prosesi penyerahan bendera merah putih meriah dan hikmat. Mudah-mudahan pada HUT Kemerdekaan Indonesia di Kelurahan Pasar Baru bisa lebih semarak lagi," tuturnya.

Untuk diketahui, rangkaian penyerahan bendera merah putih dimulai dari penyerahan kepada Tiga Pilar Kelurahan Pasar Baru dilanjutkan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai kepala kampung dari masing-masing RW, lalu menyerahkan secara simbolis kepada ketua RW. Nantinya para ketua RW meneruskan kepada RT dan warganya.

Pada prosesi penyerahan bendera merah putih para PPSU, warga, ASN, serta jajaran terkait sambil menyanyikan lagi berjudul Sorak Sorai Bergembira, dan Syukur.