Kelurahan Petamburan Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Simulasi kesiapsiagaan bencana di Kelurahan Petamburan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Petamburan menggelar apel kesiapsiagaan bencana dan pelaksanaan pengecekan peralatan, di Lapangan BMW RW 03, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (6/10).

Lurah Petamburan Rian Hermanu mengatakan, apel ini untuk memastikan kesiapan kelurahan serta lintas sektoral dalam menghadapi musim kemarau dan musim hujan.

“Jadi ini menandakan kita sudah mulai melakukan mitigasi bencana. Kita lakukan simulasi pembuatan tenda di samping secara bersamaan mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan,” kata Rian.

Menurutnya, saat ini pihak kelurahan telah melakukan berbagai upaya menghadapi musim penghujan yaitu dengan membersihkan dan memperbaiki saluran serta memetakan titik-titik lokasi rawan genangan di wilayahnya seperti, RW 01, 03, dan 07.

"Titik evakuasi juga sudah ditetapkan  sejak tiga bulan lalu oleh BPBD Jakarta Pusat dengan memasang rambu-rambu di lokasi rawan,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kasatgas BPBD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Jaelani menambahkan, usai apel para PPSU, LMK, dan FKDM diajari cara memasang tenda pengungsian.

“10 petugas BPBD dilibatkan untuk memberikan pelatihan sebab pemasangan tenda tidak mudah ukuran pemasangan harus pas,” tambah Ahmad.

Dia juga berharap dengan simulasi ini warga Petamburan dapat mengetahui proses evakuasi dan pemasangan tenda. “Semoga ini bisa menjadi pengetahuan dan ilmu bersama,” harapnya

Dalam pelatihan kesiapsiagaan bencana ini diikuti 50 orang gabungan dari PPSU, LMK, dan FKDM.