Kelurahan Petojo Selatan Lakukan Pra Musrenbang

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pra Musrenbang Kelurahan Petojo Selatan. Foto: Maulana

Kelurahan Petojo Selatan melakukan pra Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) yang berlangsung secara daring dan luring, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanah Abang III, Kecamatan Gambir, Senin (13/2) siang.

Pra Musrenbang ini dilakukan agar pada saat Musrenbang telah resmi dibuka, wilayah Petojo Selatan akan lebih mudah menjelaskan total usulannya.

"Supaya nanti pas sidangnya lebih gampang, lebih jelas, yang kita usulkan berapa dan yang tidak berapa saat pelaksanaan Musrenbang mendatang," ujar Lurah Petojo Selatan Rachmat Hidayat kepada Tim Kominfotik JP.

Pada pra Musrenbang ini, lanjut Rahmat, membahas usulan-usulan yang dibutuhkan oleh warga Petojo Selatan. Total sebanyak 34 usulan sesuai template dan 39 usulan secara langsung.

"Usulan sesuai template adalah usulan yang sudah disediakan oleh SKPD terkait dan sesuai Rembuk RW. Sedangkan usulan langsung yaitu, masyarakat bisa memberikan usulannya dengan bebas," jelasnya.

Rahmat mengatakan, usulan sesuai template yang paling banyak adalah usulan fisik dari bidang sumber daya air (SDA) dengan total 29 miliar.

"SDA itu yang diusulkan kebanyakan pengurasan, dan tutup saluran. Semoga usulan dari warga Petojo Selatan di akomodir semuanya," harapan Rahmat.

Sementara itu, Perwakilan Perencanaan Pembangunan Kota (Subanppeko) Kota Administrasi Jakarta Pusat Dina meminta agar warga masyarakat melakukan pemilihan usulan sesuai dengan prioritas di tingkat RW. 

"Jadi, nanti jika Pak RW sudah membuat lima prioritas, tentukan tiga prioritas utama. Kemudian tolong dicek dengan hasil verifikasi dari tim teknis," jelasnya melalui daring. 

Dalam pra Musrenbang ini juga dihadiri, para Kasatpel, kepala seksi, BPBD, Sudin Damkar, Sudin Perhubungan, Satpol-PP, Sudin SDA, para ketua RT, para ketua RW, LMK, FKDM, Tiga Pilar, dan Forum Remaja Anak.