Kelurahan Petojo Utara Tanam Pohon Serentak di Delapan RW

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Petojo Utara melakukan penanaman pohon sukun. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam rangka penghijauan wilayah, Kelurahan Petojo Utara melakukan penanaman 50 pohon secara serentak yang tersebar di delapan rukun warga (RW).

Demikian dikatakan Lurah Petojo Utara Dipta Dwipakusuma usai melakukan penanaman kelapa hibrida, di RPTRA Kejora, Jalan Pembangunan I, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (4/8).

"Kita mendapatkan tanaman dari CSR PT Kahaptex dalam rangka penghijauan. Penanaman pohon ini juga dilakukan secara serentak di delapan RW Kelurahan Petojo Utara," jelasnya.

"Sebelum ke RPTRA Kejora kita juga tadi melakukan penanaman pohon di Kampung Tani RW 01," imbuhnya.

Dipta menambahkan, ada tiga jenis pohon yang ditanam yaitu, mahoni, kelapa hibrida, dan sukun. "Tiap RW mendapatkan tujuh sampai 10 pohon yang ditanam di masing-masing lokasi," ujarnya.

Menurut Dipta, dengan adanya penanaman pohon ini Jakarta Pusat khususnya wilayah Kelurahan Petojo Utara bisa bebas dari polusi, menjadi adem, teduh, dan meningkatkan serapan air hujan.

Dalam penanaman pohon ini, lanjut Dipta, juga melibatkan kader PKK, Jumantik, Dasawisma, RT, RW, masyarakat sekitar, dan jajaran terkait lainnya.