Ketua Dekranasda Sambangi Perajin Tanah Abang

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Dekranasda mengunjungi perajin ‘Andra Rachman’ di Bendungan Hilir. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Setelah tiga perajin dikunjungi pada Rabu pekan lalu, kini dua perajin di wilayah Kecamatan Tanah Abang dikunjungi oleh tim Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat. Kedua perajin yang disambangi yaitu, ‘Kate’ di wilayah Kebon Melati dan ‘Andra Rachman’ di Bendungan Hilir.

Baca Juga: 

Dekranasda Berikan Tiga Piagam Penghargaan Bagi Perajin Jakpus

Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menjelaskan, untuk di Kate lebih kepada kaos-kaos dengan kata-kata yang unik tentang Jakarta, sedangkan di Andra Rachman itu mengusung fashion dengan bahan dasar dari alam. 

Kalau dilihat, lanjut Ucu, untuk di Andra Rachman ini sudah mengarah ke kelas internasional, karena mengusung warna-warna yang soft dan berasal dari limbah kopi.

“Kesemua yang telah kita kunjungi merupakan aset Dekranasda Jakarta Pusat dan tentunya untuk mengangkat nilai Dekranasda itu sendiri,” ujarnya, Selasa (31/10). 

Menyoal kunjungan kerja dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) ini, Ucu merasa semakin dikunjungi akan semakin dekat dengan karya-karyanya dan juga perajinnya.

“Kita tuh rutin setiap tahunnya ada program seperti ini, selain itu juga kita rutin melakukan kurasi produk yang baru dari para perajin, sekalipun produknya sudah lama namun, ketika ingin gabung ke Dekranasda Jakpus harus tetap masuk kurasi,” imbuhnya.

Ucu menambahkan, Dekranasda Jakarta Pusat terbuka untuk seluruh warga ber-KTP DKI Jakarta dan tentunya memiliki produk yang  siap dikurasi oleh para punggawa dari Dekranasda Jakpus.

“Harapannya Dekranasda harus semakin solid, di Jakarta Pusat semakin banyak anggotanya yang akan kita rangkul, tentunya akan berdampak terhadap perputaran ekonomi di Jakarta Pusat semakin terlihat semarak dan juga membumbungkan nama Dekranasda dikancah nasional atau internasional,” ,pungkasnya.